KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Supra Primatama Nusantara (Biznet) mengumumkan bahwa jaringan internet mereka kini telah tersedia di lebih dari 180 kota di seluruh Indonesia. Perluasan jaringan ini mencakup berbagai pulau seperti Jawa, Bali, Bangka, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Flores, dan Timor. Biznet juga telah memasang lebih dari 100.000 KM kabel fiber optic dan melayani lebih dari 2,4 juta homepass.
Baca Juga: Biznet Targetkan Kenaikan Pelanggan Hingga 50% pada Tahun 2024 Adrianto Sulistyo, Senior Manager Marketing Biznet, menyampaikan bahwa ekspansi jaringan menjadi prioritas utama Biznet di tahun 2024, khususnya di Pulau Sumatra yang baru saja terkoneksi dengan Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1). "Untuk Sumatra, kami akan melakukan perluasan jaringan yang sama seperti di Pulau Jawa. Selain itu, tahun ini jaringan kami juga sudah tersedia di Kota Banjarmasin, Mataram, Nganjuk, Binjai, Kubu Raya, dan Bangka Barat," ujar Adrianto kepada Kontan.co.id, Jumat (20/9). Adrianto menambahkan bahwa perluasan jaringan ini diharapkan dapat memberikan akses internet terbaik kepada lebih banyak orang di Indonesia, mendukung aktivitas digital yang terus berkembang.
Baca Juga: Bisnis Layanan Internet Makin Ketat, Siapa yang Kuasai Pasar? "Dengan perluasan jaringan ini, kami berharap semakin banyak masyarakat yang bisa terhubung dengan layanan internet berkualitas dari Biznet," jelasnya. Pada bulan Juni 2024, Biznet meluncurkan kabel bawah laut pertama mereka, Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1), yang menghubungkan jaringan di Pulau Jawa, Sumatra, dan Bangka. Pembangunan infrastruktur kabel bawah laut ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan digital dengan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia. "Pembangunan infrastruktur kabel fiber optic bawah laut ini juga diharapkan dapat menyamaratakan kualitas internet di Pulau Sumatra dengan di Pulau Jawa. Kami bisa menghadirkan bandwidth yang lebih besar hingga 300 Mbps untuk layanan Biznet Home, dan hingga 900 Mbps untuk layanan Biznet Metronet," ungkap Adrianto. Selain memperluas jaringan, Biznet juga melakukan strategi baru dengan memberi
FREE UPGRADE bandwidth sebesar 100 Mbps untuk pelanggan Biznet Home. Strategi ini, menurut Adrianto, berbeda dengan kompetitor lain dan merupakan salah satu upaya Biznet dalam meningkatkan pengalaman pengguna.
Baca Juga: Biznet Lakukan Relokasi Infrastruktur Kabel Fiber Optic di Jakarta Untuk memperkenalkan layanannya, Biznet juga mengadakan Biznet Festival di 8 kota di Indonesia sepanjang tahun 2024. Hingga saat ini, acara tersebut telah berlangsung di 5 kota. Biznet menargetkan kenaikan jumlah pelanggan sebesar 30% hingga akhir tahun, dengan 60% pelanggan berasal dari segmen B2C dan 40% dari segmen B2B. Adrianto juga menyatakan bahwa perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan meningkatnya kebutuhan digital masyarakat. "Kondisi ini membuat kami sebagai penyedia layanan internet menerima banyak permintaan pelanggan, terutama di wilayah second dan third cities di Indonesia, yang kini mendapatkan harga spesial dari Biznet," tutupnya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Yudho Winarto