Jaringan Internet Timpang di Luar Jawa, XL Axiata (EXCL) Siapkan Strategi Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) tidak menampik bahwa konsentrasi penyelenggaraan internet nasional masih terfokus di Pulau Jawa saja. 

Hal tersebut sempat diungkapkan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII). Di mana, saat ini ada ribuan penyelenggara internet (internet provider) tapi hanya terkonsentrasi di 13 kota besar saja. Pulau Jawa dengan populasi terbanyak punya sekitar 750 service provider. 

Head External Communications XL Axiata Henry Wijayanto mengatkan, XL sudah menyediakan dan terus membangun jaringan dan penyediaan layanan data di luar Jawa.


"Untuk layanan Internet khususnya mobile Internet yang disediakan operator termasuk XL Axiata sudah melayani masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di pelosok luar Jawa. Untuk penyediaan layanan Internet di wilayah-wilayah pelosok, operator juga melakukan kerjasama dengan pemerintah/BAKTI Kominfo melalui layanan USO," papar Henry kepada Kontan, belum lama ini. 

Lebih jauh, EXCL bilang, untuk penyediaan internet di luar Jawa, tentu penyelenggara internet menghadapi berbagai tantangan. 

Baca Juga: Begini Rencana Bisnis XL Axiata (EXCL) Setelah First Media Sah Bergabung

Berbagai tantangan tersebut di antaranya kendala geografis dan topografi, biaya investasi yang tinggi, ketersediaan sumber daya listrik, populasi penduduk yang tersebar dan sedikit, perizinan dan sebagainya.

EXCL memiliki jaringan layanan internet bernama XL Satu dan masih akan terus fokus mendorong peningkatan kinerja bisnis layanan Fixed Mobile Broadband (FBB) dan FMC (Fixed Mobile Convergence) termasuk dengan melakukan ekspansi jaringan di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di  Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali. Nusa Tenggara dan sebagainya. 

Dalam melakukan perluasan jaringan layanan FBB, Perusahaan membangun sendiri dan juga melakukan kemitraan dengan pihak lain untuk mempercepat penetrasi ke pasar-pasar yang potensial.

Sampai dengan semester pertama 2024, jumlah pelanggan layanan FBB mencapai sekitar 267 ribu pelanggan. EXCL targetkan akan terus meningkat sampai dengan akhir tahun nanti. 

Untuk target penambahan sampai dengan akhir tahun, Perusahaam tidak bisa sampaikan karena terkait dengan strategi persaingan.

"Saat ini hingga akhir tahun 2024, kami masih akan tetap fokus untuk  mempertahankan dan meningkatkan kinerja bisnis kami termasuk bisnis FBB dan FMC agar tetap bisa tumbuh positif sesuai dengan target rencana bisnis yang sudah ditetapkan," ujarnya. 

Selanjutnya: Ganjil Genap Jakarta Petang-Malam Hari Ini, Cek Ketentuannya

Menarik Dibaca: Simak Promo Danamon x Ace Hardware, Cashback Rp 30.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari