Jaringan listrik dari PLTBM Siberut hampir selesai



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Charta Putra Indonesia (CPI) tidak hanya menyelesaikan kontruksi pembangkit listrik PLTBM Siberut tetapi juga hampir menyelesaikan pemasangan jaringan listrik ke rumah-rumah warga di dua desa.

Jaya Wahono, Presiden Direktur CPI mengatakan dari sisi konstruksi PLTBM tinggal selangkah lagi selesai. Namun dirinya masih menunggu agar pembangkit tersebut bisa beroperasi dan melayani warga.

"Jaringan listrik ke rumah-rumah itu di Desa Saliguma sudah 100%. Kalau di desa kedua itu pembangkitnya hampir 100% sedangkan jaringannya itu sudah 90%," ujar Jaya kepada Kontan.co.id, Jumat (20/4).

Tinggal satu desa lagi yang dari sisi konstruksi masih belum selesai dikarenakan medannya yang sulit. Namun Jaya mengatakan bahwa pada Juni tahun ini diharapkan konstruksi seluruhnya sudah selesai. 

Selain itu untuk bahan baku, perusahaan juga sudah membagikan bibit bambu untuk ditanam di hutan kemasyarakatan. Asal tahu saja, PLTBM Siberut nantinya akan menggunakan bahan baku bambu untuk menghasilkan listriknya.

Namun Jaya bilang masih menunggu keputusan pemerintah terkait pengalihan aset agar pembangkit tersebut bisa beroperasi. Begitu pemerintah sudah memutuskan terkait pengalihan aset tersebut, maka sesegera mungkin pembangkit akan bisa beorperasi.

"Masyarakat sudah mengumpulkan biomassa untuk pembangkit, tetapi belum bisa dikirim karena menunggu (keputusan). Kami kan harus membayar kepada masyarakat untuk kompensasi bahan baku ke pembangkit tersebut," jelas Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi