KONTAN.CO.ID - Sejak 2020, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tanggal 21 Mei sebagai Hari Teh Sedunia. Mengutip situs Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Indonesia sebagai salah satu negara produsen teh memiliki share sebesar 2% terhadap total produksi teh dunia. Selain potensi pasar, Indonesia juga memiliki luas lahan perkebunan teh terbesar ke-lima di dunia pada tahun 2020. Produksi teh Indonesia berada di peringkat ke-delapan dunia pada tahun 2020.* “Melihat besarnya potensi produksi teh di Indonesia, Tokopedia berupaya memberikan panggung bagi para produsen maupun penjual teh untuk menjangkau pasar domestik yang lebih luas lagi. Mengingat platform Tokopedia saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” kata Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata. “Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kampanye khusus dan berkelanjutan bagi para pegiat usaha makanan dan minuman–termasuk teh–yaitu Tokopedia NYAM!. Kampanye ini juga ditujukan untuk mengakomodasi tingginya animo masyarakat dalam berbelanja online makanan dan minuman lewat Tokopedia,” tambah Sherine.
“Buktinya, minuman menjadi salah satu subkategori produk yang paling banyak dibeli masyarakat melalui Tokopedia selama kuartal I 2023. Teh dan susu menjadi menjadi beberapa produk minuman paling laris di Tokopedia pada kuartal I 2023,” kata Sherine. Menyambut Hari Teh Sedunia 21 Mei 2023, Tokopedia membagikan tren penjualan teh secara online. Ini Tiga Jenis Teh Terlaris di Tokopedia, Simak Juga Manfaat Minum Teh Teh, yang telah menjadi bagian dari kehidupan banyak masyarakat Indonesia, memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, teh mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sehingga bisa mencegah kerusakan sel-sel tubuh.** Selain itu, teh juga merupakan minuman yang hampir tidak memiliki kalori dan memiliki kandungan yang dapat menghambat penyerapan lemak. Teh, di sisi lain, bisa membantu membakar lemak lebih banyak saat berolahraga serta menurunkan kadar kolesterol jahat. “Teh yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh ternyata digemari banyak masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menyebutkan bahwa penjualan teh naik hampir 2 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022. Teh hijau (green tea), teh hitam (black tea) dan thai tea menjadi beberapa jenis teh paling laris di Tokopedia pada periode tersebut,” ujar Sherine. Selain Tokopedia NYAM!, Teh Laku Keras di Berbagai Wilayah Berkat Hyperlocal “Selain lewat kampanye Tokopedia NYAM!, kami juga membantu tumbuh kembang pelaku usaha makanan dan minuman, termasuk teh, lewat inisiatif Hyperlocal. Hyperlocal bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada dengan teknologi geo-tagging,” kata Sherine. Hyperlocal membuat penjual makanan dan minuman, termasuk teh, dari seluruh daerah di Indonesia punya kesempatan sama untuk tumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar. Pembeli juga jadi bisa mendapatkan makanan dan minuman, termasuk teh, dengan lebih cepat dan efisien. Salah satu manifestasi Hyperlocal adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP); halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga Dilayani Tokopedia; layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual, termasuk penjual teh, menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Berkat Hyperlocal Tokopedia, selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, Pangkal Pinang (Bangka Belitung), Majalengka (Jawa Barat) dan Kabupaten Gianyar (Bali) menjadi beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah pembeli produk teh, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2 kali lipat. “Sedangkan beberapa wilayah yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi produk teh, selama kuartal I 2023 jika dibandingkan dengan kuartal I 2022, antara lain Kabupaten Lebak (Banten), Kabupaten Brebes (Jawa Tengah) dan Kabupaten Badung (Bali), dengan rata-rata peningkatan hampir 3 kali lipat,” kata Sherine. Pengiriman paling jauh untuk produk teh, yang terjadi melalui Tokopedia, adalah dari Palembang ke Jayapura dengan jarak pengiriman 3.990,08 kilometer. UMKM Penjual Teh di Tokopedia ‘Tea Heaven’ Berdayakan Ratusan Petani Teh Lokal Platform digital Tokopedia dimanfaatkan oleh banyak UMKM lokal teh dari seluruh penjuru di Indonesia. Contohnya Tea Heaven (Bogor), yang didirikan oleh Devina Amelia pada tahun 2017 saat ia berkuliah. Dengan modal terbatas, awalnya Devina hanya berjualan menggunakan sistem pre-order di Tokopedia. Melalui usaha ini, Devina berhasil memberdayakan ratusan petani dari puluhan perkebunan teh di wilayah Bantul, Sukabumi, Garut, Cianjur, Ciwidey, Padang dan Bali. “Banyak perkebunan teh yang menjual hasil panen dengan kualitas terbaik mereka untuk keperluan ekspor. Sementara, banyak hasil panen teh dengan kualitas rendah justru dipasarkan di Indonesia. Lewat Tea Heaven, kami ingin seluruh teh berkualitas yang dipanen oleh petani teh lokal bisa diakses oleh pasar dalam negeri,” ungkap Devina. Devina bersama ratusan petani teh lokal telah memasarkan lebih dari 100 jenis produk teh melalui Tokopedia. “Tokopedia berkontribusi sekitar 70% dari penjualan kami secara keseluruhan. Penjualan Tea Heaven di Tokopedia juga sangat progresif. Selama kuartal I 2023, transaksi Tea Heaven di Tokopedia melonjak hampir 3 kali lipat, jika dibandingkan dengan kuartal I 2022,” ujar Devina. Teh Artisan Indonesia ‘Brew Me Tea’ Kenalkan Teh Organik dari Tanah Vulkanik Bali Didirikan oleh Ni Putu Yudia Ayu Dewintasari sejak 2015, Brew Me Tea (Denpasar) menjual teh artisan. Teh artisan adalah produk olahan teh yang dicampur dengan berbagai bahan alami lain, seperti bunga dan rempah. Serupa dengan Tea Heaven, Yudia melalui Brew Me Tea juga memberdayakan petani teh lokal. Ia memperkenalkan berbagai jenis teh artisan kepada masyarakat Indonesia, termasuk generasi muda. “Kami melibatkan puluhan petani teh di sekitaran Bali untuk seluruh proses panen pucuk teh, mulai dari penanaman hingga pemetikan,” jelas Yudia.
“Produk dari Brew Me Tea memiliki keunikan tersendiri, yaitu cita rasa akhir atau aftertaste manis secara alami. Hal ini karena bahan utama teh kami ditanam di tanah Bali yang cenderung memiliki struktur tanah vulkanis atau tanah yang berasal dari letusan gunung berapi. Selain itu, proses penanamannya juga organik atau bebas dari pestisida dan bahan kimia lainnya,” tambah Yudia. “Berkat Tokopedia, teh artisan lokal Brew Me Tea bisa diakses masyarakat di seluruh penjuru Indonesia. Kami mencatat jumlah transaksi antarkota Brew Me Tea melalui Tokopedia naik hampir 2 kali lipat sepanjang tahun 2022 dibandingkan tahun 2021. Tokopedia pun menjadi kanal digital utama untuk penjualan teh artisan lokal kami,” tutup Yudia.
Baca Juga: Tokopedia Dorong Perlindungan HKI di Seluruh Ekosistem, Lebih 5.100 HKI Dibantu Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti