KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyiapkan uang tunai Rp 12,84 triliun, untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai nasabah dan masyarakat pada momentum libur akhir tahun 2024 dan tahun baru 2025. Alokasi uang tunai yang disediakan BSI mengalami peningkatan sekitar 9% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Hal ini seiring tren permintaan yang meningkat didorong oleh naiknya mobilitas masyarakat pada periode libur akhir tahun dan awal tahun. Wakil Direktur Utama BSI Bob T. Ananta mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan masyarakat. Sebab, momentum libur akhir tahun adalah salah satu periode dengan traffic transaksi permintaan uang tunai yang lebih tinggi dari hari-hari biasa.
Baca Juga: BSI Catat Kenaikan Signifikan Tabungan Haji Sepanjang 2024 “Saat ini kami juga memastikan ketersediaan dana tunai, terutama pada seluruh mesin ATM yang siap melayani selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Terlebih waktu-waktu ini (libur akhir tahun) menjadi salah satu periode yang memiliki traffic transaksi lebih tinggi dari biasanya,” tuturnya dalam siaran pers, Rabu (18/12). Selain itu untuk kelancaran dan kenyamanan bertransaksi, Bob juga mengimbau agar masyarakat mengoptimalkan layanan cashless dan BSI e-channel. Di antaranya layanan melalui super apps BYOND by BSI, QRIS, kartu debit BSI, maupun Hasanah Card. Untuk menjangkau daerah-daerah pelosok, saat ini BSI memiliki lebih dari 100 ribu BSI Agen yang tersebar di berbagai wilayah. BSI Agen merupakan agen laku pandai resmi BSI yang melayani tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat. "Selain itu, optimalisasi layanan juga dilakukan melalui BSI e-channel. Diantaranya BYOND by BSI, BSI ATM, BSI Net Banking, BSI CMS, Weekend Banking dan BSI Agen dari mulai Aceh hingga Papua," ujar Bob.
Baca Juga: Hingga November 2024, Penyaluran BSI Griya Capai Rp10,40 Triliun Di sisi lain, terkait layanan jelang libur akhir tahun, selama periode 1-29 Desember 2024 perseroan juga membuka layanan terbatas di 637 outlet weekend banking BSI yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari wilayah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Adapun jam operasionalnya adalah 08.00-14.00 waktu setempat. Selanjutnya, layanan operasional terbatas dapat diakses di www.bankbsi.co.id. Setiap bulan sekitar 40%-50% dari total keseluruhan cabang BSI membuka layanan weekend banking. Hal ini terbukti efektif terutama untuk nasabah-nasabah wirausaha yang membutuhkan transaksi rutin di akhir pekan. Layanan weekend banking melayani transaksi setor dan tarik tunai, pembukaan rekening, transaksi inhouse serta pembayaran maupun layanan keluhan melalui customer service. Bob juga mengimbau nasabah untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui channel BYOND by BSI yang dilengkapi fitur cek mutasi rekening, transfer BSI dan bank lain, pembayaran, pembelian, ZISWAF, pembiayaan emas dan multiguna, top up e-wallet, e-commerce serta layanan Islami lainnya.
Bob menambahkan, agar masyarakat berhati-hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BSI untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan. Adapun informasi resmi dari BSI bisa diakses melalui call centre official BSI hanya 14040 dan social media diantaranya facebook|Bank Syariah Indonesia, X|@bankbsi_id, instagram|banksyariahindonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .