Jelang Mudik Lebaran 2024, Cititrans Luncurkan 10 Unit Bus AKAP Premium



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cititrans melalui PT Blue Bird Tbk (BIRD) resmi meluncurkan memperkenalkan Cititrans Busline pada Senin (1/4).

Andrew Arristianto, Direktur Utama Cititrans menyatakan, pihaknya mengeluarkan 10 unit pada fase awal ini.

"Jumlah unitnya masih 10 unit dulu sebagai permulaan, kami pertahankan jumlah ini sampai pertengahan tahun sambil melihat bagaimana kinerjanya nanti," paparnya saat ditemui di Blue Bird Headquarter di Mampang, Jakarta, Senin (1/4). 


Baca Juga: Lewat Cititrans, Bluebird (BIRD) Buka Rute shuttle Langsung Menuju Semarang

Lebih lanjut Andrew mengatakan, investasi yang digelontorkan untuk peluncurkan bus ini mencapai kurang lebih Rp20 miliar dengan kisaran Rp2 miliar untuk satu unitnya.

Asal tahu saja, Cititrans menggunakan Jetbus 5 Super High Deck yang memiliki ruang interior luas dan tinggi, fitur melimpah, dan sistem keamanan canggih, konsumen akan merasakan sensasi  eksklusif layaknya naik pesawat.

Mengenai target penumpang, Andrew mengungkapkan besarannya belum dapat dibuka walau sudah menggenggam target yang dibidik. Namun pihaknya menyatakan, untuk momen Mudik Lebaran 2024 ini, pihaknya tidak menargetkan jumlah penumpang secara khusus dan istimewa.

Baca Juga: Lewat Cititrans, Blue Bird (BIRD) Hadirkan Rute dan Layanan Baru pada Awal 2024

"Kami saat ini fokus mengenalkan dulu segmen Busline Cititrans ini, sehingga untuk target penumpang di momen Lebaran tidak terlalu istimewa dan kami belum bisa buka berapa. Kami targetkan marjin pendapatannya sekitar double digit secara keseluruhan," urainya.

Lebih lanjut, Cititrans Busline saat ini melayani rute Jakarta - Malang, Bandung - Malang, Jakarta - Yogyakarta dan Bandung - Yogyakarta. Adapun tiket yang dibanderol mulai dari harga Rp375.000 per rute perjalanan.

Andrew menjelaskan, penentuan harga tiket dilaksanakan secara dinamis (dynamic pricing) sehingga harga dapat berubah sesuai dengan permintaan yang ada. 

Baca Juga: Begini Strategi Blue Bird (BIRD) Menghadapi Libur Natal dan Tahun Baru

Lebih lanjut, Cititrans Busline menawarkan dua pilihan kelas, yaitu Suites dan Super Executive. Kelas Suites memiliki desain tempat duduk private compartment yang terinspirasi dari kursi pesawat business class. 

Kelas Super Executive dilengkapi tempat duduk dengan ruang kaki yang luas. Kenyamanan penumpang semakin lengkap dengan berbagai fitur dan fasilitas super premium.

Cititrans Busline juga melayani pengiriman barang dan kargo yang dilengkapi CCTV sebagai komitmen menjaga keamanan setiap barang yang dikirim.

"Ini adalah cara baru untuk menikmati kemewahan, kenyamanan dan keamanan mobilitas antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan armada yang terstandarisasi, pengemudi profesional, dan kemudahan aksesibilitas," imbuhnya.

Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird (BIRD) turut menyampaikan bahwa Cititrans Busline adalah level baru dari SNI (Standar Nyaman Indonesia) untuk mobilitas antarkota antarprovinsi.

Baca Juga: Lewat Cititrans, Blue Bird (BIRD) Hadirkan Dua Rute Baru

 “Kami mengerti bahwa kenyamanan dan keselamatan adalah prioritas utama konsumen. Dengan meluncurkan Cititrans Busline, kami membawa standar baru dalam kenyamanan perjalanan antarkota antarprovinsi. Ini bukan hanya tentang perjalanan, tapi juga tentang pengalaman yang mengesankan di sepanjang perjalanan. Kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi setiap penumpang. Dengan Cititrans Busline, kenyamanan dan kemewahan tak lagi menjadi impian, melainkan bagian dari perjalanan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto