KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk. (EXCL) telah mempersiapkan berbagai hal dalam menyambut momen Natal dan Tahun Baru 2024/2025 mendatang.
Head External Communications EXCL Henry Wijayanto mengatakan XL Axiata tentu telah memastikan kesiapan adanya potensi lonjakan trafik. "Kesiapan jaringan yang dilakukan XL Axiata, termasuk diantaranya adalah merencanakan penempatan sebanyak lebih kurang 127 MBTS di sepanjang Jalan Tol, Pusat Keramaian pergantian tahun, tempat wisata dan ruang publik lainnya," paparnya kepada Kontan, Selasa (26/11).
Di samping itu intensifitas mobilitas pelanggan berdasarkan pegalaman tahun sebelumya akan berpusat di
point of interest (tempat berkumpul ) di dalamnya termasuk tujuan wisata, tempat transit/ruang istrirahat/
rest area, ruang umum/mall dll sebagai tambahan focus monitoring pola perpindahan pelanggan selama NATARU 2024-2025. Henry memprediksi untuk trafik saat libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan terjadi kenaikan trafik layanan data (mobile) dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa, dan dibandingkan trafik Nataru tahun lalu.
Baca Juga: Erajaya (ERAA) Optimalkan Momen Nataru untuk Dorong Pertumbuhan Positif Akhir Tahun Namun demikian, XL Axiata enggan membeberkan prediksi kenaikan trafik yang terjadi tahun ini. Sementara itu, dari monitoring antara 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 lalu, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 meningkat sebesar 15% dibandingkan hari normal. Trafik itu juga naik 19% dibandingkan periode Nataru 2023. Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam Tahun Baru. Di saat itu, jumlah trafik naik hingga 90% dibandingkan situasi di hari normal. Lebih lanjut, untuk layanan
fiber to the home (FTTH) XL Axiata juga memperkirakan akan mengalami kenaikan karena banyak masyarakat yang akan mengakses layanan tersebut selama menghabiskan masa liburannya di rumah. "Untuk melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap. Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan
contact pelanggan baik melalui layana
n call center maupun layanan
digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan," imbuhnya. Henry menyampaikan adanya tantangan yang dihadapi adalah memastikan layanan yang disediakan bisa optimal melayani kebutuhan masyarakat dan pengalaman pelanggan bisa tetap terjaga dengan baik. "Tantangan lain tentu adalah melemahkan daya beli masyarakat dan juga kompetisi dengan operator lainnya dalam memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat/pelanggan," ujarnya.
Baca Juga: Sambut Mudik Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Siapkan 417 Unit Pesawat Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tri Sulistiowati