Jelang Pelantikan Prabowo, PM Malaysia Anwar Ibrahim Sebut Prabowo Sahabat Sejati



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menemui presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto sebelum menghadiri pelantikan Prabowo Subianto menjadi Presiden RI.

Dalam unggahan fotonya di akun media social X, Anwar Ibrahim tampak berbincang akrab dengan Prabowo di meja makan.

"Malam ini langsung ketemu sahabat sejati dan saudara saya Bapak Prabowo Subianto." tulis Anwar Ibrahim di akun X.


Tonton: TNI Siagakan 10 KRI dan 3.500 Pasukan Marinir untuk Amankan Pelantikan Prabowo-Gibran

Anwar juga menyebutkan ke depan hubungan Malaysia dengan Indonesia akan lebih baik dengan dilantiknya Prabowo Subianto sebagai Presiden RI.

"Insya-Allah, kami akan bekerja dengan lebih dekat dalam suasana persahabatan, tidak hanya di peringkat peribadi, tetapi juga di peringkat kenegaraan yang pasti akan memberi manfaat terbaik kepada kedua-dua negara." katanya.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim merupakan salah satu undangan kepala pemerintahan yang akan hadir dalam prosesi pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, yang akan berlangsung di Gedung MPR RI Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024.

Baca Juga: Ada Rekayasa Lalu Lintas Saat Iring-iringan Prabowo-Gibran Melintas, Ini Skenarionya

Sementara dalam balasanya Prabowo menyampaikan terimakasih atas kunjungan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim.

"Merupakan kehormatan besar menerima sahabat saya, Perdana Menteri Malaysia, @anwaribrahim, di kediaman orang tua saya di Kertanegara 4, Jakarta." kata Prabowo. 

Prabowo juga menyampaikan kunjungan tersebut penuh makna. "Semoga hubungan persahabatan dan kerja sama kedua negara semakin erat," katanya.

Selain Anwar ada beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan yang hadir dengan total sekitar 35 perwakilan negara sahabat.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) 2019-2024 Mahfud MD menyatakan batal menghadiri pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka.

Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan di gelar di Gedung MPR RI Jalan Gatot Subroto Senayan Jakarta, pada Minggu 20 Oktober 2024.

Mahfud batal hadir di acara kenegaraan ini lantaran harus menjenguk sang ibunda yang saat ini ada di Surabaya.

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri Pelantikan Presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya," tulis Mahfud di akun X. 

Tonton: Prabowo Akan Potong Tarif PPH Badan Jadi 20%

Mahfud menyatakan dirinya sudah memberitahukan batal hadir di acara ini kepada Pimpinan MPR RI yang sebelumnya telah mengundang dirinya untuk hadir sebagai salah satu kontestan pemilihan umum presiden 2024 sebagai calon wakil presiden, bersama Ganjar Pranowo.

"Saya sudah memberitahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT," katanya.

Baca Juga: Car Free Day Jakarta Hari Ini 20 Oktober 2024 Ditiadakan, Ada Pesta Rakyat!

Selain Mahfud MD, negarawan yang berhalangan hadir dalam pelantikan Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka adalah Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Megawati dikabarkan kurang sehat sehingga tidak bisa hadir di acara ini, namun memerintahkan semua anggota DPR dari fraksi PDIP untuk hadir di acara penting ini.

Selanjutnya: Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Tarif Transportasi Publik Jadi Rp 1 Rupiah

Menarik Dibaca: Langsung Redeem Gift Code Ojol The Game 20 Oktober 2024 Terbaru Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar