Jelang Pertamina Grand Prix of Indonesia, ITDC Group Membentuk Satgas Evakuasi



KONTAN.CO.ID - Menjelang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) - MotoGPTM 2024 pada 27-29 September 2024, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC bersama cucu usaha PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya dan instansi terkait membentuk Satgas Evakuasi. Kegiatan Tactical Floor Game (TFG) dan apel kesiapan Satgas dirangkai dengan kegiatan tinjau medan merupakan rangkaian kegiatan satgas Evakuasi menjelang Event Pertamina grand Prix of Indonesia 2024.

Kegiatan TFG  bertujuan untuk memastikan kesiapan prosedur, personel, sarana dan prasarana tanggap darurat (Evakuasi) di area Pertamina Mandalika International Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada hari Jumat, (20/9).

Langkah ini melibatkan koordinasi intensif dengan Korem 162 Wira Bhakti, Polda NTB, BMKG, Basarnas, Pemerintah Provinsi NTB dan Kabupaten Lombok Tengah melalui BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran dan dinas lainnya untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi pembalap, kru, dan penonton.


Direktur Operasi ITDC Wenda R Nabiel menyatakan, “Keamanan dan Kesiapsiagaan Bencana merupakan kunci utama kesuksesan dalam penyelenggaraan event kelas dunia. Dalam penyelenggaraan Indonesian GP 2024, ITDC berupaya memastikan keamanan dan kesiapsiagaan bencana di area Pertamina Mandalika International Circuit dengan membentuk Satgas Evakuasi  MotoGp 2024 yang dipimpin oleh Bapak Danrem 162 Wira Bhakti dan sebagai wakil ketua Kepala BPBD Provinsi NTB dan beranggotakan BMKG, Basarnas, BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam kebakaran dan Penyelamatan Provinsi NTB dan kabupaten Lombok tengah. ITDC juga melibatkan masyarakat disekitar kawasan mandalika melalui Forum Desa Tangguh bencana (Destana) dan Taruna Tangguh bencana (Tagana).

Satgas yang beranggotakan 320 orang personel, terdiri dari berbagai unsur, yaitu Korem 162 Wira Bhakti, Polda NTB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta instansi terkait lainnya.

“ITDC bersama Satgas Evakuasi telah membuat peta rencana evakuasi dengan menetapkan 10 titik assembly point dengan jarak tempuh 700-2000 meter yang dapat dijangkau dalam waktu 5-20 menit.” imbuh Wenda.

Di bidang keamanan, Polda NTB menurunkan hampir 2.500 personel dan menetapkan 24 Pos Pengamanan dan 7 Pos Pengamanan Bukit-Bukit di area KEK Mandalika. Polda NTB menugaskan Polres Lombok Tengah bersama dengan Polsek Kawasan Mandalika  untuk meningkatkan keamanan menjelang dan pada saat Event Pertamina GP of Indonesia melalui peningkatan kegiatan patroli malam di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika sementara pihak Basarnas dan Dinas Pemadam kebakaran dan penyelamatan kabupaten Lombok Tengah  akan menyiapkan personel  dan dukungan armada kendaraan dan peralatan operasi yang memadai di sekitar area Pertamina Mandalika International Circuit untuk menciptakan keamanan dan kondusifitas selama pelaksanaan Pertamina Grand Prix of Indonesia nanti.

"Kolaborasi yang intensif  antara Korem 162 Wira Bhakti, Polda NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan kabupaten Lombok tengah, BMKG, Basarnas dan instansi lainnya menjadi kunci utama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan ribuan penonton Pertamina GP of Indonesia yang akan memadati Pertamina Mandalika International Circuit. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan dari tahun ke tahun, tidak hanya melalui peningkatan fasilitas dan side event, tetapi juga dengan memastikan standar tertinggi dalam hal keamanan dan kesiapsiagaan bencana. Kami percaya, dengan persiapan matang dan dukungan solid dari semua pihak, gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) - MotoGPTM 2024 berlangsung sukses dan membanggakan Indonesia," tutup Wenda.

Tentang ITDC

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC, bagian dari PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, berfokus pada pengembangan dan pengelolaan kawasan pariwisata terintegrasi di Indonesia, diantaranya The Nusa Dua “Bali’s Finest Family-Friendly Resort Haven”, The Mandalika “The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination” dan The Golo Mori “Sustainable Marine-Based MICE Tourism Destination”. Selama 50 tahun ITDC telah sukses mengelola The Nusa Dua, yang telah menjadi destinasi terkenal dengan infrastruktur dan fasilitas internasional, serta menjadi tuan rumah berbagai event skala internasional.

Tentang MGPA

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan unit usaha InJourney Tourism Development Corporation (ITDC), yang memiliki bisnis utama mengelola event “motor sport & tourism” dan mengoperasikan Pertamina Mandalika International Circuit. Produk dan layanan utama MGPA adalah penyelenggaraan event, penyediaan fasilitas pembalap, penyediaan logistik dan akomodasi, dan promosi serta penjualan tiket. MGPA telah dipercayakan oleh ITDC untuk mengambil alih kontrak dan tanggung jawab pelaksanaan Promotor’s Agreement antara ITDC dan Dorna Sports untuk penyelenggaraan World Superbike 2022-2023 dan MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit.

Baca Juga: IAS&ITDC Siap Sukseskan Event PertaminaGrandPrix of Indonesia(MotoGPTM)2024 Mandalika

Selanjutnya: Kemenkes Gelar Simulasi Kegawatdaruratan Medis di RSUP Dr. Hasan Sadikin

Menarik Dibaca: Akun TikTok Diblokir Permanen Beserta Penyebab dan Cara Mengambalikannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti