Jelang tutup tahun, begini serapan belanja modal sejumlah perusahaan batubara



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki kuartal IV-2019, sejumlah perusahaan batubara terus menyerap belanja modal (capital expenditure) yang telah disiapkan di awal tahun.

PT Indika Energy Tbk (INDY) pada tahun 2019 menyiapkan belanja modal sebesar US$ 315 juta. Head of Corporate Communication PT Indika Energy Tbk Leonardus Herwindo mengatakan, serapan capex hingga kuartal III 2019 mencapai US$ 138,3 juta.

"Sebagian besar dialokasikan untuk Petrosea sebesar US$ 64,2 juta," ungkap Leonardus kepada Kontan.co.id, Minggu (1/12).

Baca Juga: Bumi Resources (BUMI) membidik pertumbuhan produksi batubara 5% tahun 2020

Leonardus memastikan, belanja modal sebanyak US$ 64,2 juta itu  dialokasikan untuk pembangunan fuel storage. Di sisi lain, INDY turut mengucurkan dana sebesar US$ 5,7 juta untuk anak usaha yang bergerak di segmen usaha jasa transportasi dan logistik laut yakni Mitrabahtera Segara Sejati (MBSS).

Sementara itu, PT ABM Investama Tbk (ABMM) memastikan tidak seluruh capex terserap di tahun ini.

Direktur Keuangan PT ABM Investama Tbk Adrian Erlangga Sjamsul menuturkan, keberhasilan efisiensi yang dilakukan perusahaan membuat sebagian capex baru akan terealisasi di tahun 2020 mendatang.

"Efisiensi melalui upaya memperpanjang usia alat berat. Serapan capex yang terserap (sejauh ini) 55%," terang Adrian ketika dihubungi Kontan.co.id, Minggu (1/12).

Asal tahu saja, pada tahun ini ABMM menyediakan capex sebesar US$ 60 juta dan telah terserap untuk pengembangan usaha seperti pembelian alat berat dan tongkang.

Editor: Herlina Kartika Dewi