Jersey Nike paling banyak dipakai di Brasil



Piala dunia 2014 yang diselenggarakan di Brasil tak hanya menjadi pertarungan antar 32 tim negara peserta. Namun juga menjadi ajang persaingan antara produsen jersey dalam mensponsori kaos tim-tim tersebut.

Seperti dikutip dari Bloomberg, di piala dunia kali ini, ada delapan produsen jersey yang menjadi sponsor kaos tim-tim peserta. Mereka adalah Adidas produsen asal Jerman, Nike produsen asal Amerika, Puma produsen asal Jerman, Burdda (asal Swiss), Joma Sport (asal Spanyol), Lotto (asal Italia), Marathon Sports (asal Ekuador), Uhlsport (asal Jerman).

Dari sejumlah produsen tersebut, Nike menjadi produsen jersey yang paling banyak mensponsori negara peserta piala dunia. Ada 10 negara yang kausnya menggunakan logo Nike.


Sementara itu, Adidas mensponsori 9 negara, dan Puma di peringkat tiga dengan mensponsori 6 negara. Sedangkan 5 produsen jersey lainnya mensponsori tim yang tersisa.

Meskipun Nike berada di peringkat pertama soal sponsor jersey di piala dunia, namun dari sisi pendapatan sepakbola secara keseluruhan, Adidas masih memimpin.

Berdasarkan angka yang dikeluarkan oleh Nike dan Peter Rohlmann, konsultan pemasaran yang berbasis di Rheine, Jerman, pendapatan Adidas tahun 2013 mencapai US$ 2,4 miliar. Sementara pendapatan Nike di periode tersebut hanya US$ 1,9 miliar.

Berikut ini daftarnya:

Nike: Australia, Amerika Serikat, Brasil, Belanda, Inggris, Prancis, Kroasia, Korea Selatan, Yunani, Portugal

Adidas: Jerman, Spanyol, Argentina, Rusia, Nigeria, Kolombia, Bosnia, Jepang, Meksiko

Puma: Italia, Ghana, Aljazair, Kamerun, Chili, Pantai Gading

Lotto: Kosta Rika

Joma Sport: Honduras

Marathon Sports: Ekuador

Burdda: Belgia

Uhlsport: Iran

Editor: Hendra Gunawan