Jitu bidik pasar, penjualan properti Ciputra tetap tumbuh



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rapor penjualan properti PT Ciputra Development Tbk (CTRA) pada kuartal I 2020 masih biru meski dihantam pandemi Covid-19. Penjualan residensial di daerah Sentul, Tangerang dan Jakarta menyumbang marketing sales tertinggi.

Selain Jakarta dan Tangerang, Medan dan Surabaya juga menyumbang nilai marketing sales yang lumayan selama tiga bulan pertama 2020. "Pasar properti di kuartal I 2020 masih cukup baik," kata Tulus Santoso, Direktur Independen CTRA saat dihubungi Kontan, Senin (8/6).

Realisasi marketing sales kuartal I 2020 tumbuh sekitar 2,7% year on year (yoy). Adapun nilai marketing sales CTRA pada kuartal I 2019 sebesar Rp 1,11 triliun.


Melihat geliat penjualan properti residensial di tengah pandemi virus korona, CTRA fokus mempersiapkan proyek residensial. Target utamanya adalah pasar kelas menengah ke bawah atawa middle low.

Strategi CTRA itu berkaca dari capaian penjualan 2019. Residensial kategori middle low dengan harga jual di bawah Rp 2 miliar per unit menyumbang lebih dari 70% terhadap total penjualan. Sebaliknya, tren penjualan residensial segmen menengah ke atas alias high end menurun.

Yance Onggo, Associate Marketing Director PT Ciputra Residence mengatakan, selama 18-26 April 2020 Grup Ciputra meraup total penjualan Rp 130 miliar di Citra Maja Raya, dengan harga rata-rata harga rumah Rp 250 juta per unit. Sebanyak 516 unit rumah telah diserap pasar.

Pada Mei tahun ini, CTRA juga membukukan penjualan Rp 55 miliar di Citra Garden Puri Jakarta Barat. Rata-rata harga jualnya Rp 2,5 miliar per unit.

Tahun ini CTRA menargetkan marketing sales Rp 6,1 triliun-Rp 6,7 triliun. Perusahaan itu mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp 1 triliun sepanjang 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anastasia Lilin Yuliantina