JAKARTA. PT Asuransi Jiwasraya berniat menggenjot bisnis di segmen ritel. Asuransi Jiwasraya menargetkan porsi premi dari nasabah ritel bisa lebih tinggi ketimbang nasabah kumpulan dalam tiga bulan mendatang. Direktur Jiwasraya, De Jong Adrian menyatakan, memperbesar kontribusi di segmen ritel masih akan menjadi salah satu fokus Jiwasraya dalam tiga tahun ke depan. "Kami berharap dalam tiga tahun kontribusi dari ritel bisa mencapai 60%" katanya. Dia menambahkan, upaya memperbesar pendapatan premi dari segmen ritel ini sebenarnya sudah dilakukan Jiwasraya sejak beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, kontribusi premi dari segmen ritel hanya 30%. Kontribusi terbesar masih berasal dari nasabah kumpulan.
Namun, kontribusi dari nasabah ritel pun lambat laun meningkat. Saat ini, porsi ritel dan kumpulan sudah seimbang masing-masing 50%. Sampai akhir kuartal ketiga 2014, Jiwasraya mengantongi total premi Rp 4 triliun. Dari jumlah itu, sekitar Rp 2 triliun di antaranya disumbang oleh nasabah-nasabah individu. Sepanjang tahun ini, Jiwasraya menargetkan pendapatan premi sekitar Rp 8 triliun. Adrian menambahkan, salah satu cara untuk menggenjot bisnis ritel ini adalah dengan meningkatkan penetrasi di jalur distribusi mereka; khususnya lewat saluran keagenan.