KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara mengatasi token listrik gagal masuk ke meteran. Pengguna bisa ikuti langkah praktis untuk melaporkan adanya kegagalan token listrik untuk masuk ke sistem meteran. Token Listrik PLN merupakan kode angka yang digunakan untuk menambah kapasitas kWh pada meteran PLN di rumah maupun perkantoran. Tentunya, Token Listrik merupakan salah satu sistem pembayaran prabayar yang mudah untuk digunakan karena dapat memperkirakan penggunaan listrik.
Penyebab Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran
Ada beberapa alasan token listrik gagal masuk ke meteran PLN.- Meteran memerlukan maintence dari PLN terkait (sesuai wilayah).
- Kesalahan memasukkan nomor meter listrik atau kode token. Pastikan nomor meter dan kode token yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan yang tertera di lembar token.
- Gangguan jaringan listrik yang menyebabkan pengiriman token dari sistem PLN ke meteran listrik terhambat.
- Adanya masalah teknis pada sistem PLN, seperti sistem pembayaran atau server yang down.
- Perangkat pembaca token yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.
Cara mengatasi Token Listrik gagal masuk ke Meteran
1. Lapor melalui laman resmi PLN
Pelanggan bisa memanfaatkan fitur pada laman resmi PLN berikut ini.- Buka laman https://layanan.pln.co.id/ di browser.
- Klik menu Masuk atau Daftar akun baru.
- Pilih menu Pusat Layanan Pelanggan.
- Klik opsi Layanan Gangguan.
- Isi formulir pengaduan termasuk nomor meter listrik, nomor HP, dan deskripsi masalah.
- Simpan nomor tiket pengaduan yang dapat digunakan untuk memantau proses penyelesaian pengaduan.
- Tunggu beberapa saat atau hari hingga pihak PLN menghubungi dan memberikan solusi atas masalah yang dialami.
2. Lapor ke sambungan Telepon 123
Langkah lain yang dapat ditempuh oleh pelanggan adalah menghubungi layanan 123 milik PLN.- Buka menu Telepon atau menggunakan Telepon Rumah.
- Masukkan kode telepon daerah + 123.
- Tunggu hingga nada berdering.
- Pilih menu untuk melakukan pengaduan layanan.
- Ungkap bahwa token listrik gagal masuk.
- Petugas akan memeriksa data yang tercatat.
- Petugas akan memberikan arahan seperti pemeriksaan hingga beberapa hari.
- Catat nomor laporan sebagai bukti pengaduan pelanggan.
- Berikan nomor rumah atau nomor HP aktif untuk petugas agar dapat menghubungi kembali.