JLL Indonesia Berkomitmen pada Keberlanjutan Lingkungan, Diawali di Lingkungan Kerja



KONTAN.CO.ID - JLL Indonesia terus mendorong keberlanjutan keberlanjutan lingkungan di antaranya dengan menghadirkan lingkungan kerja yang ramah lingkungan. Hal ini mereka lakukan untuk mencapai target net zero emission

JLL Indonesia berada di bawah JLL yang didirikan di Inggris, yang merupakan perusahaan real esate komersial dan manajemen investasi yang membantu klien membeli, membangun, menempati, dan mengelola berbagai properti komersial.

Pendapatan tahunan induk perusahannya tercatat di US$ 20,9 miliar dan beroperasi di 80 negara di duunia. 


Baru-baru ini, JLL Indonesia mendapatkan sertifikasi WELL PLATINUM sebagai bentuk komitmennya mendorong keberlanjutan lewat lingkungan kerja.

Farazia Basarah, Country Head JLL Indonesia, mengatakan, penghargaan ini menegaskan komitmen KLL Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan seluruh karyawan.

Baca Juga: Elnusa Lakukan Pengolahan Sampah Daur Ulang Karya Anak Difabel

"Dengan pencapaian ini, kami menunjukkan kesungguhan kami untuk membangun lingkungan berkelanjutan yang tidak hanya inklusif dan memenuhi standar industri, tetapi juga melebihi standar yang ada selama ini," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (20/3).

"Ini juga merupakan bukti nyata kerja keras dan kontribusi kami untuk menaikkan standar kesejahteraan tempat kerja di Indonesia," ujar dia. 

Adapun yang mendorong JLL meraih sertifikasi itu karena penerapan fitur-fitur bangunan yang memiliki dampak bagi kesehatan, meliputi kelayakan kualitas udara dan air, ketersediaan makanan sehat, kapasitas pencahayaan, dan kesehatan mental.

Sejumlah inisiatif utama yang JLL Indonesia lakukan di antaranya dari sisi udara, menggunakan teknologi IAQ untuk memonitor variabel kualitas udara, meliputi suhu, kelembaban, serta kadar CO2 dan VOC.

Hal ini memungkinkan identifikasi dan optimalisasi kualitas udara dalam ruangan secara cepat guna memastikan lingkungan dalam ruang yang lebih sehat. 

Kemudian dari sisi air, JLL Indoensia menyediakan titik-titik penyediaan air minum (hydration points) yang ditempatkan secara strategis di seluruh sudut kantor JLL Indonesia guna menghindari karyawan mengalami dehidrasi.

Lantas, dari sisi nutrsi, kantor JLL Indonesia menawarkan dapur dan ruang makan khusus yang dengan mudah diakses oleh karyawan. Selain itu, budaya hidup sehat juga diterapkan dengan menyediakan buah-buahan segar setiap minggu. 

Baca Juga: Dukung Upaya Berkelanjutan, OCBC Telah Salurkan Kredit ESG Senilai Rp 32,3 Triliun

Elemen lainnya yang dimanajemen dengan baik di antaranya pencahayaan, ruang gerak, suhu, kebisingan, material, pikiran dan ada juga komunitas. 

Sebelumnya, di 2023, kantor JLL Indonesia telah menerima sertifikat dari Leadership in Energy and Enviromentl Design (LEED) Gold lantaran memprioritaskan tempat kerja yang ramah lingkungan lewat desain interior inovatif, penerapan sistem kontrol pencahayaan pintar, serta integarasi peralatan berperingkat EnergyStar.

Program berkelanjutan ini berhasil mengurangi konsumsi energi sebesar 32,2% dan juga mengurangi konsumsi ari sebesar 25,37%. 

Prisca Winata, Senior Manager, Energy & Sustainability Lead, JLL Indonesia, menambahkan, komitmen untuk menciptakan lingkungan yang sehat, berkelanjutan, dan mengutamakan kesejahteraan karyawan tidak hanya sekadar aspirasi. Hal ini tercermin dari etos desain kantor dan kebijakan perusahaan.

"Meraih sertifikasi seperti LEED dan WELL semakin membuktikan komitmen nyata kami dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan dan keberlanjutan di lingkungan kerja," katanya.

"Melalui pendekatan yang komprehensif, kami tidak hanya mengubah perkantoran, tetapi juga membentuk komunitas yang lebih sehat, bahagia, dan berkelanjutan," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha