Joe Biden akan Meningkatkan Anggaran dan Pajak Bagi Orang Kaya



KONTAN.CO.ID - PHILADELPHIA. Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana belanja pemerintah dan pajak yang lebih tinggi untuk orang kaya saat berkunjung ke negara bagian Pennsylvania.

Secara keseluruhan, anggaran akan meningkatkan pengeluaran federal dalam 12 bulan mulai bulan Oktober menjadi US$ 6,8 triliun dari US$ 6,2 triliun yang diperkirakan akan dibelanjakan pada tahun fiskal saat ini.

Presiden dari Partai Demokrat itu menyoroti rencana untuk memangkas defisit anggaran AS hampir US$ 3 triliun selama 10 tahun dengan menaikkan pajak bagi mereka yang berpenghasilan lebih dari US$ 400.000 setahun.


Baca Juga: Upayakan Dekarbonisasi Industri Berat, AS Alokasikan Dana US$ 5 Miliar

“Sudah terlalu lama, pekerja telah mematahkan leher mereka, ekonomi meninggalkan mereka. Sementara mereka yang berada di atas lolos dengan segalanya," kata Biden dikutip dari Reuters, Jumat (9/3). 

Proposal anggaran Biden ini menghadapi tantangan keras dari anggota parlemen Republik yang semakin berani dengan memenangkan kendali Dewan Perwakilan Rakyat dalam pemilihan paruh waktu November. 

Rencana tersebut, bagaimanapun, adalah pernyataan politik yang secara langsung menantang ancaman Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy untuk memblokir peningkatan batas pinjaman federal sebesar US$ 31,4 triliun kecuali Biden setuju untuk mengendalikan pengeluaran federal.

“Anggaran Presiden Joe Biden adalah proposal sembrono yang menggandakan kebijakan pengeluaran Kiri Jauh yang sama yang telah menyebabkan rekor inflasi dan krisis utang kita saat ini," kata McCarthy dan anggota Partai Republik lainnya dalam sebuah pernyataan.

Ia menyebut Partai Republik sudah menyiapkan pemotongan US$ 150 miliar untuk program diskresioner non-pertahanan, termasuk sekitar US$ 25 miliar dari Departemen Pendidikan dan pemotongan bantuan luar negeri dan program yang ditujukan untuk mencegah penyakit menular seksual. Mereka mengatakan itu akan menghemat US$ 1,5 triliun selama satu dekade.

“Saya ingin memperjelas bahwa saya siap untuk bertemu dengan pembicara kapan saja, besok, jika dia memiliki anggarannya. Letakkan, beri tahu saya apa yang ingin Anda lakukan. Saya akan menunjukkan kepada Anda apa yang ingin saya lakukan, lihat apa yang bisa kita sepakati," kata Biden.

Gedung putih menyatakan Presiden berusaha untuk mendanai pengeluaran yang lebih tinggi dan mempersempit defisit dengan mengenakan pajak minimum 25% pada miliarder dan hampir menggandakan pajak keuntungan modal dari 20%.

Baca Juga: Panel DPR AS Setujui RUU yang Memberi Kekuasaan Bagi Biden untuk Melarang TikTok

Biden juga ingin melipatgandakan pajak pembelian kembali saham sebesar 1%, yang berpotensi memicu pertengkaran dengan beberapa investor yang perlu dihubungi untuk membiayai kampanye.

Mengesampingkan pesan politik, anggaran Biden menjelaskan satu hal bahwa populasi AS yang menua berarti bahwa pengeluaran yang diamanatkan secara hukum untuk program sosial akan terus menjadi hambatan jangka panjang.

Total utang AS akan meningkat menjadi hampir 110% dari produk domestik bruto tahunan pada tahun 2033, angka yang menyaingi puncak selama mobilisasi negara untuk Perang Dunia II.

Editor: Herlina Kartika Dewi