Jokowi dorong pembangunan infrastruktur menggunakan bauran pendanaan



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mendorong pembangunan infrastruktur menggunakan skema bauran pendanaan.

Skema tersebut baik bauran antara pemerintah dan BUMN, Kementerian BUMN dengan pihak swasta, atau pun Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Bauran pendanaan dinilai akan mempercepat pembangunan infrastruktur.

"Saya berharap skema-skema pembiayaan seperti ini bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di seluruh provinsi di pelosok tanah air," ujar Jokowi saat peresmian jalan tol Kelapa Gading - Pulo Gebang, Senin (23/8).

Bauran pembiayaan dinilai akan menjadi jalan keluar pembangunan infrastruktur di daerah. Sehingga akan mengatasi masalah ketimpangan infrastruktur antar daerah.

Baca Juga: Jokowi resmikan jalan tol Kelapa Gading - Pulo Gebang

Selain itu, bauran pembiayaan juga akan mempercepat konektivitas nasional. Jokowi menyebut salah satunya jalan tol Kelapa Gading - Pulo Gebang yang mengganggu bauran pembiayaan tersebut.

"kita harapkan ini bisa dilakukan di jalan tol-jalan tol yang lain, yaitu memadukan anggaran," terang Jokowi.

Sebagai informasi, jalan tol sepanjang 9,3 kilometer (km) itu menggunakan skema pendanaan KPBU. Jalan tol tersebut dinilai akan meningkatkan daya saing industri karena terhubung dengan Kawasan Ekonomi KhusuS Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Selanjutnya: Hati-hati, ada rekonstruksi rigid pavement di tol Jakarta-Cikampek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli