Jokowi: Ekonomi RI Tangguh Hadapi Pandemi Hingga Konflik Geopolitik



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, perekonomian Indonesia tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di internal maupun eksternal.

Tantangan tersebut di antaranya pandemi Covid-19, perubahann iklim dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas.

"Ketangguhan kita sebagai bangsa juga terbukti dari daya tahan dalam menghadapi pandemi Covid-19, dalam menghadapi perubahan iklim, dan dalam menghadapi geopolitik dunia yang semakin memanas," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI, Jumat (16/8).


Ia juga bersyukur lantaran perekonomian Indonesia masih terus terjaga.

Baca Juga: Jokowi Sebut Hilirisasi Tingkatkan Pendapatan Negara Rp 158 Triliun Selama 8 Tahun

Jokowi menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap terjaga di atas 5% di saat negara lain tidak mengalami pertumbuhan, dan bahkan melambat.

"Patut kita syukuri, alhamdulillah, Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih lebih cepat, bahkan terus terjaga di atas 5%," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI, Jumat (16/8).

Jokowi juga menyampaikan bahwa wilayah Indonesia Timur seperti Papua dan Maluku justru mampu tumbuh di atas 6% dan Maluku Utara mampu tumbuh di atas 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat