Jokowi laksanakan sholat jumat di Masjid Baiturrahim kompleks istana kepresidenan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mulai melaksanakan sholat jumat di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 5 Juni 2020. Ini menjadi sholat jumat pertama yang diadakan di masjid ini setelah pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Seperti yang dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jokowi tiba pukul 11.47 WIB dan hadir dengan menggunakan masker, serta melakukan pemindaian suhu tubuh terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam masjid. Saat tiba, Jokowi pun melaksanakan salat sunat tahiyyatul masjid terlebih dahulu.

Baca Juga: Tim Covid-19 Hunter dilepas demi mengejar tes massal di Jatim

Meski sholat jumat secara berjamaah sudah dilakukan Masjid Baiturrahim, tetapi pelaksanaannya tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat, antara lain pengecekan suhu tubuh dan pengaturan jarak antar jemaah. Bahkan, jemaah juga diwajibkan membawa perlengkapan salat masing-masing, telah berwudu sebelum ke masjid, serta mengenakan masker.

Selain itu, kapasitas masjid untuk sementara waktu dibatasi menjadi hanya 150 jemaah dari kapasitas sebelumnya sebanyak 750 jemaah. Di sejumlah titik di sekitar lokasi masjid turut disediakan sarana cuci tangan baik menggunakan sabun maupun hand sanitizer dan tisu antiseptik yang dapat digunakan para jemaah.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara telah mengeluarkan pengumuman bernomor P-01/SDM/06/2020 terkait dilaksanakannya kembali ibadah sholat jumat berjamaah di lingkungan istana kepresidenan hari ini.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 lebarkan pasar ritel startup pesan antar hasil laut

"Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa bagi pejabat/pegawai yang sedang bertugas/berdinas di lingkungan Kesekretariatan Lembaga Kepresidenan akan diselenggarakan ibadah salat jumat secara berjamaan pada hari Jumat, tanggal 5 Juni 2020 pukul 11.55 WIB sampai dengan selesai yang bertempat di 5 lokasi," demikian tertera isi pengumuman tersebut.

Adapun, 5 lokasi tersebut antara lain Masjid Baiturrahim, Masjid Baiturrahman, Gedung Krida Bakti, Lobi Gedung 1 Kementerian Sekretariat Negara dan Aula Serba Guna, Gedung 3, Lantai 1, Kementerian Sekretariat Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .