Jokowi lantik 6 menteri dan 5 wamen baru Kabinet Indonesia Maju



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik jajaran menteri dan wakil menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (23/12).

Total terdapat 6 menteri yang akan menjabat dalam sisa periode 2019-2024. Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengisi posisi kosong Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Sosial.

Sebelumnya posisi Menteri Kelautan dan Perikanan yang diisi Trenggono diisi oleh Edhy Prabowo sementara Menteri Sosial dijabat oleh Juliari Batubara. Keduanya mengundurkan diri usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain dua orang tersebut terdapat pula 4 menteri baru. Bekas Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno dilantik sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Menteri Kesehatan, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi menjabat sebagai Menteri Perdagangan, dan Yaqut Cholil Staquf.

Baca Juga: Menilik kekayaaan menteri baru Jakowi, Sandiaga hartanya Rp 5 triliun

Pelantikan menteri berdasarkan pada Keputusan Presiden nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Selain 6 menteri, Jokowi juga melantik 5 orang Wamen. Direktur Utama Bank BTN Pahala Mansury mengisi posisi kosong Wamen BUMN yang ditinggalkan Budi Gunadi Sadikin sementara Wamen Pertahanan akam dijabat oleh Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Muhammad Herindra.

Jokowi juga melantik 3 Wamen yang mengisi jabatan baru. Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Gadjah Mada Edward Omar Sharif Hiariej menjabat sebagai Wamen Hukum dan HAM.

Budi Gunadi Sadikin akan didampingi dokter speasialis penyakit dalam Dante Saksono Harbuwono sebagai Wamen Kesehatan. Bendahara PBNU Harvick Hasnul Qolbi akan menjabat sebagai Wamen Pertanian.

Pengangkatan Wamen tersebut berdasarkan kepada Keputusan Presiden nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Periode 2019-2024.

Usai pembacaan Keputusan Presiden, Menteri beserta Wakil Menteri mengucapkan sumpah jabatan. Pengucapan sumpah tersebut dipimpin oleh Jokowi.

Selanjutnya: Enam menteri baru Jokowi pakai jaket biru, ini maknanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .