Jokowi Optimistis Smelter Amman Mineral (AMNT) Rampung Pertengahan 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis bahwa pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selesai pertengahan tahun depan.

Pasalnya saat ini perhitungan terakhir dan hasil verifikasi progres pembangunan smelter PT AMNT yang dilakukan oleh tim investasi dan Kementerian ESDM telah mencapai diatas 51%.

"Insyaallah di pertengahan 2024 sudah selesai," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/6).


Diharapkan dengan selesainya pembangunan smelter dan siap berproduksi, baik untuk nikel, tembaga, bauksit, dan timah akan memberi nilai tambah yang sebesar-besarnya bagi perekonomian dalam negeri.

Baca Juga: Kunjungan Kerja ke NTB, Presiden Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Smelter AMNT

"Baik berupa nilai ekspornya, juga membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya" jelasnya.

Jokowi berulang kali menegaskan pentingnya hilirisasi industri guna mewujudkan Indonesia Maju. Adapun kapasitas smelter yang dimiliki PT AMNT mencapai 900.000 ton konsentrat.

Oleh karena itu, Presiden berharap agar industrialisasi juga bisa dilakukan pada turunan dari katoda tembaga yang dihasilkan agar memberi nilai tambah dan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

"Kita harapkan setelah itu menjadi katoda tembaga, dan tadi saya sampaikan agar juga turunan setelah katoda tembaga itu di industrialisasikan di sini. Sehingga turunan, turunan, turunan itu akan memberikan nilai tambah dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari