Jokowi Resmikan 2 Smelter Tembaga di NTB dan Jawa Timur Hari Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan peresmian dua smelter tembaga. Peresmian smelter pertama milik PT Amman Mineral Internasional Tbk akan dilakukan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), sedangkan smelter kedua milik PT Freeport Indonesia di Provinsi Jawa Timur.

Pagi tadi, sekitar pukul 07.30 wib, pesawat kepresidenan yang membawa Kepala Negara dan rombongan telah lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Presiden bertolakmenuju Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setibanya di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, Presiden Jokowi akan berganti moda transportasi Helikopter Super Puma TNI AU. Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju kawasan smelter PT Amman Mineral Internasional Tbk., Kabupaten Sumbawa Barat.


"Presiden Jokowi akan melakukan peninjauan sekaligus meresmikan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia PT Amman Mineral Internasional Tbk.," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/9).

Dalam menggarap pembangunan smelter ini, AMNT bekerja sama dengan kontraktor internasional, termasuk China Non-ferrous Metal Industry's Foreign Engineering and Construction Co., Ltd (NFC) dan PT Pengembangan Industri Logam (PT PIL), untuk memastikan proyek smelter ini memenuhi standar global dalam waktu yang tepat.

Smelter ini dirancang memiliki kapasitas input terpasang sebesar 900.000 ton konsentrat per tahun (ktpa). Selain itu, smelter ini akan menghasilkan produk akhir berupa 222.000 ton katoda tembaga per tahun (tpa), serta asam sulfat, emas batangan, perak batangan, dan selenium.

Baca Juga: Pekan Depan, Jokowi Resmikan Smelter Pengolahan Bauksit di Mempawah

Setelah peresmian, Presiden Jokowi akan kembali ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Kabupaten Lombok Tengah, untuk melakukan perjalanan menuju Provinsi Jawa Timur dan melanjutkan kegiatan kunjungan kerja berikutnya.

Rencananya di Jawa Timur, Presiden Jokowi akan meresmikan smelter milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Peresmian smelter ini dijadwalkan mulai pukul 15.30 WIB.

Smelter tembaga milik Freeport telah mulai produksi pada awal Juni 2024. Katoda tembaga yang dihasilkan dari smelter ini akan tersedia untuk penjualan domestik atau diekspor ke berbagai pembeli di luar negeri.

Produk akhir utama dari smelter PTFI berupa katoda tembaga, emas dan perak batangan. Sementara produk sampingnya berupa asam sulfat, terak tembaga, Platinum Gorup Metals dan selenium.

Selanjutnya: Puri Sentul Permai (KDTN) Bakal Bangun Hotel Kelima di Rest Area KM 379A

Menarik Dibaca: IHSG Dibuka di Zona Merah Pada Perdagangan Senin Pagi (23/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih