Jokowi Resmikan Dua Ruas Tol Trans Sumatra Senilai Rp 11,92 Triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan dua ruas Tol Trans Sumatra. Peresmian ini dilakukan di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara. 

Ruas tol yang diresmikan antara lain Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi III di Provinsi Jambi. Tol ini sudah dibangun sejak dua tahun lalu.

"(Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi III) menghabiskan anggaran Rp 5,6 triliun," ujar Jokowi, Rabu (16/10).


Baca Juga: Satu Dekade, Hutama Karya Bangun 1.235 Km Jalan Tol Sumatera

Kemudian, Jalan Tol Indrapura—Kisaran yang dibangun sejak tahun 2018. Jalan tol sepanjang 47,75 km ini terdiri dari dua seksi. Yaitu Seksi I (Indrapura—Lima Puluh) sepanjang 15,6 km dan Seksi II (Lima Puluh—Kisaran) sepanjang 32,15 km.

"Jalan Tol Indrapura—Kisaran dibangun dengan investasi Rp 6,32 triliun," kata Jokowi.

Jokowi berharap dengan adanya Tol Trans Sumatera dapat mempercepat mobilitas orang, mobilitas barang, dan distribusi logistik. Sehingga setiap daerah akan bisa bersaing dengan daerah di negara-negara lain. Karena persaingan antarnegara saat ini sangat ketat.

"Ini akan menjadi daya saing dan akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, baik di Provinsi Sumatera Utara maupun yang tadi di Provinsi Jambi," ucap Jokowi.

Baca Juga: Waskita Karya Rampungkan Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino di Palembang

Lebih lanjut Jokowi menyampaikan, banyak jalan tol yang dibangun swasta dengan sistem investasi. Tak hanya swasta, banyak juga jalan tol yang dibangun oleh BUMN dan juga banyak jalan tol yang dibangun dari anggaran APBN. 

"Karena, kalau IRR (Internal Rate of Return)-nya jalan tol masih rendah, kecil, mau tidak mau APBN harus masuk," ungkap Jokowi.

Selanjutnya: 10 Tahun Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Bawa Perubahan Positif

Menarik Dibaca: Enggak Ada Hujan, Ini Proyeksi BMKG Cuaca Besok (17/10) di Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi