Jokowi: September rusun Muara Baru bisa ditempati



JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dalam waktu tidak lama lagi rumah susun Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara segera bisa untuk ditempati. 

"September mulai bisa dipakai,semua warga akan ditampung di sini,"kata Jokowi usai melakukan peninjauan, Senin (4/8).

Rumah susun ini digunakan untuk warga pemukiman liar di waduk Pluit yang harus segera pindah. Rusun ini terdiri dari delapan blok dengan lima lantai. Masing-masing blok berkapasitas 100 unit. Akan dilengkapi dengan Ruang Terbuka Hijau, tempat bermain anak, perpustakaan dan pusat kesehatan masyarakat.


Saat ini, pemprov sedang mendata dan mengklarifikasi data penerima rusunawa. Calon penghuni diprioritaskan untuk warga yang mendirikan rumah diatas air.

Di rusun muara baru, bisa menampung sekitar 800 unit.  Menurut Jokowi, jika tidak muat bisa ditampung di rusun Daan Mogot. "Kita ingin berikan lingkungan terbaik bagi warga, kalau mau tata ruang lebih baik ya cuma ini solusinya," ucap Jokowi.

Setelah seluruh warga pindah ke rusun. Normalisasi Waduk Pluit akan segera dilanjutkan. Saat ini normalisasi waduk hanya menggunakan dua unit ekskavator karena sempitnya lahan, jika warga pindah diperkirakan 15 ekskavator bisa membantu proses normalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto