Jokowi Siapkan Kandidat Sejumlah Pj Gubernur, Termasuk Jateng Pengganti Ganjar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengaku mulai mempersiapkan sejumlah nama kandidat penjabat (pj) gubernur Jawa Tengah (Jateng) yang akan menggantikan Ganjar Pranowo. Adapun masa jabatan Ganjar sebagai Gubernur Jateng akan habis pada September mendatang.

"Masih dua bulan, masih September kan, Jawa Barat masih September, Jateng, Bali, Sumatera Utara masih September. Nama-nama sudah mulai (disiapkan)," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Galeri Nyoman Nuarta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (12/7/2023).

Meski kandidat susah ada, menurut Jokowi, penentuan siapa pj gubernur untuk suatu provinsi akan ditetapkan lewat tim penilai akhir (TPA). Nantinya, Presiden juga ikut memberikan pertimbangan dalam sidang TPA.


"Semuanya nanti lewat TPA, ada proses seleksi. TPA nanti saya ikut. Kalau sekarang masih dalam proses seleksi administrasi dan seleksi lain," kata Kepala Negara.

Baca Juga: Jokowi Targetkan Timnas U-17 Lolos Penyisihan Grup di Piala Dunia U-17

Ganjar Pranowo dilantik sebagai Gubernur Jateng oleh Presiden Jokowi pada 5 September 2018 lalu. Saat itu, Ganjar dilantik untuk periode keduanya memimpin Jateng. Masa jabatan Ganjar sebagai Gubernur Jateng akan berakhir pada 5 September 2023.

Ganjar dilantik sebagai Gubernur Jateng periode pertama pada 23 Agustur 2013 oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada Pasal 162 Ayat (2), masa jabatan kepala daerah dihitung lima tahun sejak dilantik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Siapkan Kandidat Pj Gubernur Jateng Pengganti Ganjar Pranowo "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto