Jokowi: Tak ada kapal asing masuk Natuna



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo memastikan tidak ada kapal asing yang masuk perairan Natuna. Hal itu disampaikan Jokowi saat mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Pelabuhan Perikanan Selat Lampa Natuna, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. 

Jokowi mendapatkan informasi tersebut dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. "Enggak ada yang masuk teritorial kita. Tadi saya tanyakan ke Panglima TNI, tidak ada," ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Rabu (8/1).

Baca Juga: Jokowi tegaskan Kepulauan Natuna masuk dalam teritorial NKRI

Meski begitu Jokowi menegaskan tidak ada tawar menawar dalam menjaga kedaulatan. Ia menegaskan Natuna merupakan wilayah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepulauan tersebut beserta perairannya secara administratif termasuk dalam Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, yang menjadi kabupaten terluar di sebelah utara.

Secara administratif sendiri wilayah Natuna memiliki administrasi yang lengkap baik bupati dan gubernur. Termasuk terdapat penduduk sebanyak 81.000 orang.

Baca Juga: Jokowi ingin menunjukkan kedaulatan RI saat mengunjungi Natuna

"Jadi jangan sampai justru kita sendiri bertanya dan meragukan. Dari dulu sampai sekarang Natuna ini adalah Indonesia," terang Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi