Jokowi terinspirasi sungai di Seoul, Anies janji bereskan Ciliwung



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam sebuah kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo sempat berjalan menyusuri Sungai Cheonggyecheon di Seoul. Ia lalu menjadikan Sungai Cheonggyecheon sebagai inspirasi untuk diterapkan di sungai Ciliwung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi usulan Jokowi dengan positif. “Ya kami akan bereskan (Sungai Ciliwung),” kata Anies di Balai Kota, Rabu (12/9).

Anies menyebutkan, sejauh ini potensi tercemar berat di sungai-sungai DKI meningkat sejak tahun 2014 hingga tahun 2017. Namun, untuk pencemaran potensi ringan dan sedang persentasinya menurun.

Dari catatannya, sungai yang tercemar ringan dari 23% turun menjadi 12%. Sungai yang tercemar sedang turun dari 44% tahun 2014 menjadi 17% di tahun 2017.

"Jadi yang tercemar sedang dan tercemar ringan itu turun. Sungai tercemar berat dari 32% menjadi 61%,” ujar Anies.

Anies menjelaskan, selama tiga tahun berturut-turut terjadi penurunan dan peningkatan pencemaran yang signifikan. Kedepannya, dia berencana mengembalikan sungai tersebut menjadi kawasan ekosistem sebagaimana fungsi awal sungai.

“Kami sudah menyusun dan menyiapkan roadmapnya untuk segera mengembalikan ke kondisi sebelumnya. Jadi PR kita, bukan sekadar soal estetika, sungainya nampak indah, tapi yang paling penting (perlu diatasi) pencemaran yang terjadi di sungai DKI selama beberap tahun ini meningkat secara signifikan,” tegasnya.  Tolak ukurnya adalah sungai yang dapat dihuni oleh satwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia