Jokowi: Transisi Kepemimpinan ke Prabowo Berjalan Lancar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa proses transisi kepemimpinan menuju pemerintahan Prabowo Subianto berjalan dengan lancar.

Sejak Prabowo terpilih sebagai presiden, persiapan menuju pelantikan dan program-program yang akan dijalankan sudah direncanakan dengan baik.

"Sebentar lagi, tepatnya 12 hari lagi, transisi kepemimpinan nasional akan terjadi. Pada tanggal 20 Oktober mendatang, Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia," kata Jokowi dalam acara BNI Investor Daily Summit 2024, Selasa (8/10).


Baca Juga: Program Makan Siang Bergizi Gratis Prabowo Dilakukan Dua Kali Sehari, Pagi dan Siang

Jokowi menambahkan, sejak Prabowo terpilih, persiapan transisi dari rencana kerja hingga program berjalan dengan mulus.

Bahkan, Prabowo aktif hadir dalam berbagai rapat, meskipun tidak lagi hanya terkait dengan bidang pertahanan, yang sebelumnya menjadi fokusnya sebagai Menteri Pertahanan.

"Hampir di setiap rapat paripurna atau rapat terbatas, Pak Prabowo selalu hadir, tidak hanya untuk urusan pertahanan saja, tetapi setelah menjadi presiden terpilih, beliau hadir di semua rapat terbatas," ujar Jokowi.

Baca Juga: Sejumlah Pejabat Lama Kabinet Jokowi Dikabarkan Tetap Masuk Tim Ekonomi Prabowo

Jokowi juga menjelaskan bahwa program unggulan yang disiapkan Prabowo telah dikonsultasikan dengan baik bersama para menteri kabinet saat ini, termasuk penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Prabowo sering berdiskusi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memastikan kelancaran transisi.

"Saya tidak tahu sudah berapa kali Prabowo bertemu dengan para menteri. Insya Allah semua berjalan mulus, sehingga setelah beliau dilantik, presiden dan seluruh kabinet bisa langsung bekerja tanpa hambatan," ungkap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Meminta Deflasi Beruntun Dicermati

Jokowi juga mengingatkan bahwa saat dirinya mulai menjabat sebagai Presiden pada 2014, dibutuhkan waktu satu hingga satu setengah tahun untuk melakukan konsolidasi.

Namun, dengan transisi yang berjalan baik ini, diharapkan tidak ada jeda dalam pelaksanaan program-program pemerintahan Prabowo.

"Saya sangat senang bahwa proses transisi ini berjalan dengan baik dan lancar, karena transisi yang mulus sangat penting untuk menjaga optimisme kita semua," tutup Jokowi.

Selanjutnya: Progres 87%, Hutama Karya Targetkan Bendungan Meninting Rampung Akhir 2024

Menarik Dibaca: Promo Marugame Udon 7-27 Oktober 2024, Paket Bestie 2 Porsi Udon Rp 99.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto