Jokowi tunjuk mantan Wamenkes jadi Dirut BPJS Kesehatan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk mantan Wakil Menteri Kesehatan Ali Ghufron Mukti sebagai Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pengangkatan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden nomor 37 tahun 2021. Nantinya dewan direksi akan bertugas untuk periode 2021-2026.

Ali menggantikan posisi Fachmi Idris yang masa jabatannya telah selesai. Bersama Ali ditetapkan 7 orang lainnya yang mengisi dewan direksi periode 2021-2026.

Baca Juga: Ini 11 kelompok prioritas vaksinasi Covid-19 tahap ke-2, dimulai kemarin

Tujuh orang lainnya antara lain adalah Andi Afdal, Arief Witjaksono Juwono Putro, David Bangun, Edwin Aristiawan, Lily Kresnowati, Mahlil Ruby, dan Mundiharno. Nantinya susunan direksi akan disusun oleh Ali sebagai Direktur Utama.

Selain dewan direksi, Kepres juga menetapkan 7 orang dewan pengawas periode 2021-2026. Dewan pengawas diketuai oleh pejabat Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto.

Yuri merupakan wakil pemerintah bersama dengan Regina Maria Wiwieng Handayani. Selain kedua orang tersebut terdapat 5 orang lainnya yang telah dipilih oleh DPR untuk mengisi jabatan dewas BPJS Kesehatan.

Nama dewas yang dipilih DPR antara lain adalah Indra Yana dan Siruaya Utamawan dari unsur pekerja, Iftida Yasar dan Inda Deryanne Hasman dari unsur pemberi kerja, serta Ibnu Naser Arrohimi dari unsur tokoh masyarakat.

Selanjutnya: Ini persiapan pemerintah untuk ajak swasta lakukan vaksin Covid-19 mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .