JPO Southgate di Tanjung Barat Serap Capex Sinar Mas Land Hingga Rp20 Miliar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinar Mas Land kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan infrastruktur perkotaan dengan meresmikan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Southgate yang menghubungkan Southgate Residence dengan Stasiun KRL Tanjung Barat. 

Pembangunan JPO ini menghabiskan anggaran sekitar Rp20 miliar, termasuk biaya untuk fondasi, tiang pancang, finishing, sistem mekanikal, elektrikal, pemipaan (MEP), serta pemasangan CCTV guna mendukung keamanan pengguna.

Christine Natasha Tanjungan, Vice President of Commercial National Sinar Mas Land, menjelaskan bahwa proyek ini merupakan revitalisasi dari JPO lama yang kini diperpanjang hingga total 38 meter. 


“Kami tidak hanya memperpanjang jembatan ini, tapi juga memastikan kenyamanan dan keamanan pejalan kaki dengan menambahkan lift serta memasang CCTV untuk pemantauan. Kami berharap JPO ini menjadi percontohan jembatan modern dan aman bagi warga kota,” jelasnya saat persemian JPO di Tanjung Barat, Senin (14/10).

Jembatan ini juga didesain sebagai salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari Sinar Mas Land. "Ini adalah inisiatif kami sebagai bagian dari komitmen untuk membangun infrastruktur perkotaan yang berkualitas, aman, dan ramah lingkungan," tambah Christine.

Baca Juga: Hunian Mewah Tresor dan Hiera, Tawarkan Investasi Tinggi di BSD City

Christine juga menambahkan, biaya perawatan bulanan diperkirakan mencapai sekitar Rp5 juta, terutama untuk perawatan struktur dan lift, meskipun angka tersebut masih dapat berubah seiring berjalannya waktu dan penyesuaian. 

"Ini baru perkiraan, namun perawatan lift dan struktur baja akan menjadi prioritas utama kami. Kami juga terus melakukan evaluasi terhadap kebutuhan pemeliharaan lainnya,” ujarnya.

Pembangunan JPO ini menjadi bagian dari visi besar Sinar Mas Land dalam mendukung integrasi moda transportasi publik yang aman, nyaman, dan berkelanjutan. JPO Southgate yang menjadi landmark baru ini juga dirancang untuk meningkatkan konektivitas masyarakat sekaligus mempercantik wilayah Tanjung Barat. Selain itu, inisiatif ini juga dinilai sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam mendukung program CSR dan pembangunan lingkungan sekitar.

Peresmian JPO Southgate ini menjadi bagian dari rangkaian acara Festival Urban Jakarta yang berlangsung dari 14 hingga 27 Oktober 2024, dengan beragam kegiatan seperti food, fashion, dan handicraft bazaar, serta berbagai pertunjukan seni dan kompetisi. Festival ini diharapkan dapat menarik minat pengunjung dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Living Lab Ventures Salurkan Pembiayaan Sekitar US$ 150 juta pada Agustus 2024

Selanjutnya: Prabowo Ungkap Semua Calon Menteri yang Dipanggil Menyatakan Sanggup Bergabung

Menarik Dibaca: Clarte Jewellery Gelar Pameran Perhiasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati