JSMR Catat 561 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek Saat Libur Panjang Maulid



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) mencatat sebanyak 561.066 kendaraan meninggalkan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, yaitu pada Jumat (13/9) hingga Minggu (15/9).

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Corporate Communication & Community Development Group Head JSMR, Lisye Octaviana mengatakan, total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 23,40% jika dibandingkan lalin normal.


Untuk realisasi distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek, lalin menuju ke tiga arah utama. Mayoritas sebanyak 275.189 kendaraan atau 49,05% menuju arah Timur, yaitu ke Trans Jawa dan Bandung.

“Lalu, sebanyak 151.134 kendaraan atau 26,94% menuju arah Barat (Merak) dan 134.743 kendaraan atau 24,02% menuju arah Selatan (Puncak),” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (16/9).

Lisye pun merinci distribusi lalin pada empat gerbang utama jalan tol tersebut.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham JSMR dan ADHI Pasca Membentuk Perusahaan Patungan

Pertama, arah timur alias ke Trans Jawa dan Bandung. Lalin yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek jumlahnya 128.747 kendaraan. Ini naik sebesar 45,85% dari lalin normal.

Kemudian, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang jumlahnya 146.442 kendaraan, naik sebesar 32,42% dari lalin normal.

“Total lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 275.189 kendaraan, naik sebesar 38,38% dari lalin normal,” paparnya.

Kedua, arah barat alias ke Merak. Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 151.134 kendaraan, naik sebesar 8,63% dari lalin normal.

Ketiga, arah selatan alias Puncak. Jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 134.743 kendaraan, naik sebesar 15,48% dari lalin normal.

Lisye menuturkan, JSMR terus memastikan keberfungsian peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama.

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur diantisipasi JSMR dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan lainnya. Hal ini untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas.

 
JSMR Chart by TradingView

“Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, seperti Contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung,” tuturnya.

Selanjutnya: Harga Minyak Lanjut Menguat Didorong Kekhawatiran Produksi AS

Menarik Dibaca: IHSG Melanjutkan Penguatan Pada Pembukaan Selasa Pagi (13/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari