JSMR Divestasi Tol Transjawa, Begini Komposisi Pemegang Saham Terbaru PT JTT



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) secara resmi menandatangani dokumen Sales Purchase Agreement (SPA) untuk PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. yang mengelola Jalan Tol Trans Jawa, pada Jumat (27/9).

Penandatanganan itu dilakukan JSMR bersama dengan PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services (MPTIS), Warrington Investment Pte. Ltd. (Warrington) dan PT Margautama Nusantara (MUN)

Asal tahu saja, aksi korporasi ini telah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang telah dilaksanakan pada Rabu (18/9) lalu.


Strategi pendanaan ini dilakukan untuk mendapatkan sumber pendanaan alternatif bersifat ekuitas yang akan digunakan untuk mengoptimalkan struktur modal dan rasio utang JSMR. Sehingga, dalam jangka panjang, kapasitas dan kondisi keuangan perseroan akan tetap stabil seiring beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru. 

Meskipun menggandeng strategic partner, Jasa Marga tetap mempertahankan posisinya sebagai pemegang saham pengendali utama di PT JTT dengan kepemilikan saham mayoritas sebesar 65%. 

Baca Juga: Konstruksi 6 Ruas Tol Segera Rampung, Begini Rekomendasi Saham Jasa Marga (JSMR)

Jasa Marga memastikan bahwa PT JTT masih menjadi bagian dalam kelompok usaha Jasa Marga dan akan terus memegang kendali penuh terhadap pengelolaan pengoperasian Jalan Tol Trans Jawa. 

Adapun komposisi pemegang saham lain PT JTT saat ini yaitu sebesar 20,3% dimiliki PT MPTIS, 10,5% dimiliki Warrington dan 4,2% dimiliki oleh PT MUN yang merupakan anak usaha dari PT Nusantara Infrastructure Tbk.

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur mengatakan, dalam jangka panjang, pengusahaan Jalan Tol Trans Jawa diproyeksikan akan terus mengalami pertumbuhan positif seiring dengan pengembangan infrastruktur dan jaringan jalan di berbagai wilayah di pulau Jawa. 

“Sehingga, tentunya akan menghasilkan value yang optimal bagi pemegang saham dan para stakeholder,” ujarnya dalam keterangan resmi di laman Jasa Marga dikutip Senin (30/9).

Jasa Marga melaksanakan aksi korporasi berupa kerja sama investasi melalui program Equity Financing PT JTT dengan strategic partner, yang selanjutnya akan bersama-sama mengelola ruas jalan tol di koridor Trans Jawa.

"Penandatanganan SPA ini merupakan wujud komitmen kerja sama investasi dalam pengusahaan Ruas Jalan Tol Trans Jawa, melalui PT JTT sebagai Badan Usaha yang mengelola," kata Subakti.

Sebagai informasi, PT JTT berdiri sejak tahun 2017. Anak usaha JSMR ini merupakan Badan Usaha Jalan Tol yang mengelola 13 Ruas Tol Trans Jawa sepanjang 676 kilometer (km) yang terbagi dalam 3 wilayah ruas operasional yaitu wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

 
JSMR Chart by TradingView

Selanjutnya: Cara Cek Kode Swift atau BIC Bank Mandiri untuk Transaksi Internasional

Menarik Dibaca: 11 Rekomendasi Jus Penurun Kolesterol Paling Cepat dan Ampuh, Mari Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat