Jumat Besok, Mentan Syahrul Yasin Limpo Akan Temui Jokowi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang rencananya digelar pada Jumat (6/10/2023) besok.

Pertemuan tersebut dilakukan setelah Syahrul Yasin Limpo menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Mentan ke Gedung Kemensetneg pada Kamis (5/10/2023).

"Sebetulnya tadi kami juga menawarkan kepada Pak Syahrul apakah akan menghadap Pak Presiden petang ini. Itu saya akan jajaki, saya tidak berjanji. Tapi, Pak Syahrul Limpo tadi sudah kan baru tiba dari luar negeri terus kemudian seharian full ada berbagai macam acara tadi, termasuk pemeriksaan yang tadi sudah beliau sampaikan," ujar Pratikno di Gedung Kemensetneg, Kamis.


Baca Juga: Syahrul Yasin Limpo Sampaikan Surat Pengunduran Diri Sebagai Mentan Pada Presiden

"Karena itu, beliau minta waktu rencananya besok akan menghadap Pak Presiden, memohon waktu kepada Pak Presiden menghadap besok," katanya lagi.

Meski begitu, Pratikno belum dapat memastikan jam berapa pertemuan tersebut akan berlangsung.

Sebab, pihaknya harus memeriksa jadwal Presiden Jokowi terlebih dulu.

Dalam kesempatan itu, Pratikno sebelumnya menjelaskan bahwa dirinya sudah menerima surat pengunduran diri dari Mentan Syahrul.

Menurutnya, surat pengunduruan diri tersebut ditujukan untuk Presiden Jokowi.

"Pak Syahrul menyampaikan surat kepada Bapak Presiden yang isinya adalah pengunduran diri sebagai Menteri Pertanian," kata Pratikno.

"Jadi surat itu sudah kami terima baru saja dan oleh karena itu segera akan saya laporkan kepada Bapak Presiden," ujarnya melanjutkan.

Baca Juga: Nasdem: Syahrul Yasin Limpo Ajukan Pengunduran Diri sebagai Menteri Pertanian

Setelah ini, Pratikno mengatakan, pihak Kemensetneg akan menanti arahan Presiden Jokowi.

Ia mengungkapkan, kemungkinan akan ada keputusan presiden (keppres) yang menegaskan soal pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo tersebut.

"Nanti saya menunggu arahan Bapak Presiden kemungkinannya adalah tentu karena sudah mengundurkan diri akan diterbitkan keppres pemberhentian," katanya.

"Dan tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai Menteri Pertanian," ujar Pratikno lagi.

Seperti diketahui, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan bahwa Syahrul Yasin Limpo sudah berstatus sebagai tersangka.

Sebelum kabar dari Mahfud tersebut, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memang menggeledah rumah dinas Syahrul pada 28-29 September 2023.

Dari penggeledahan di rumah dinas Syahrul Yasin Limpo, penyidik KPK mendapati uang puluhan miliar dalam bentuk rupiah dan mata uang asing. Selain itu, didapati juga 12 pucuk senjata api.

Baca Juga: Geledah Rumah Mentan, KPK Sita Mobil dan Sejumlah Dokumen

Sementara itu, KPK diketahui sedang mengusut tiga klaster dugaan korupsi di Kementan yang menyeret nama Syahrul Yasin Limpo.

Ketiganya adalah dugaan pemerasan dalam jabatan, gratifikasi, dan tindak pidana pencucian uang.

KPK juga telah menetapkan sejumlah tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait pemaksaan dalam jabatan di Kementan. Namun, lembaga antirasuah itu belum mau mengungkap identitasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mentan Syahrul Yasin Limpo Akan Temui Jokowi pada Jumat Besok"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .