KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pengaduan dari masyarakat terus terkait pelayanan perpajakan terus mengalami penurunan sejak tahun 2016 hingga 2018. Komite Pengawasan Perpajakan mencatat jumlah pengaduan pada 2018 sebanyak 60 pengaduan, turun dari tahun 2017 yang sebanyak 77 pengaduan dan dari 2016 yang sebesar 114 pengaduan. Bila dirinci, pengaduan pada 2018 tersebut terbagi atas pelayanan sebesar 22 pengaduan atau sebesar 37%, pemeriksaan sebesar 17 pengaduan atau sebesar 28%, penagihan sebanyak 11 pengaduan atau sebesar 18%, potensi pajak sebanyak 5 pengaduan atau 8%, keberatan sebanyak 4 pengaduan atau sebesar 7%, dan terkait SDM dan kepegawaian sebanyak 1 pengaduan. Bila dibandingkan dengan tahun 2016, pengaduan untuk sisi pelayanan justru mengalami peningkatan. Dimana, pengaduan terkait pelayanan di 2016 sebesar 8 pengaduan, meningkat menjadi 28 pengaduan di 2017 dan sebesar 22 pengaduan di 2018.
Jumlah pengaduan terkait pelayanan perpajakan terus menurun
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah pengaduan dari masyarakat terus terkait pelayanan perpajakan terus mengalami penurunan sejak tahun 2016 hingga 2018. Komite Pengawasan Perpajakan mencatat jumlah pengaduan pada 2018 sebanyak 60 pengaduan, turun dari tahun 2017 yang sebanyak 77 pengaduan dan dari 2016 yang sebesar 114 pengaduan. Bila dirinci, pengaduan pada 2018 tersebut terbagi atas pelayanan sebesar 22 pengaduan atau sebesar 37%, pemeriksaan sebesar 17 pengaduan atau sebesar 28%, penagihan sebanyak 11 pengaduan atau sebesar 18%, potensi pajak sebanyak 5 pengaduan atau 8%, keberatan sebanyak 4 pengaduan atau sebesar 7%, dan terkait SDM dan kepegawaian sebanyak 1 pengaduan. Bila dibandingkan dengan tahun 2016, pengaduan untuk sisi pelayanan justru mengalami peningkatan. Dimana, pengaduan terkait pelayanan di 2016 sebesar 8 pengaduan, meningkat menjadi 28 pengaduan di 2017 dan sebesar 22 pengaduan di 2018.