BEIJING. Penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2008 memang seperti magnet. Hal itu terbukti dari banyaknya orang yang penasaran ingin melihat perhelatan akbar olahraga dunia itu dari dekat. Termasuk warga lokal China. Namun, ternyata, mereka harus menelan pil pahit. Pasalnya, pihak penyelenggara Olimpiade tidak memperbolehkan pengunjung yang tidak memiliki tiket untuk masuk, meskipun hanya di sekitar arena.Hal itu menyebabkan jumlah pengunjung yang datang terbatas. Tentunya, banyak sponsor yang merasa kecewa. Para sponsor resmi tersebut bahkan sempat meminta pihak penyelenggara agar memperbolehkan lebih banyak pengunjung untuk masuk ke beberapa area tertentu. Misalnya saja, area hijau atau dikenal dengan sebutan Olympic Green. Area ini seluas 4,4 hektare, yang merupakan pusat pemasaran sekaligus ajang promosi bagi para sponsor untuk produk mereka.Sekadar catatan, setidaknya terdapat sekitar 12 sponsor resmi yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini. Beberapa di antaranya adalah General Electric Co., McDonalds Corp, dan Johnson & Johnson. Untuk bisa ikut andil dalam ajang kompetisi olahraga dunia itu, mereka rela merogoh kantong sekitar US$ 72 juta, yang pembayarannya dapat dicicil sejak empat tahun lalu. Masalahnya, mahalnya pengeluaran itu ternyata tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang ada.
Jumlah Pengunjung Sepi, Sponsor Olimpiade Beijing Protes
BEIJING. Penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2008 memang seperti magnet. Hal itu terbukti dari banyaknya orang yang penasaran ingin melihat perhelatan akbar olahraga dunia itu dari dekat. Termasuk warga lokal China. Namun, ternyata, mereka harus menelan pil pahit. Pasalnya, pihak penyelenggara Olimpiade tidak memperbolehkan pengunjung yang tidak memiliki tiket untuk masuk, meskipun hanya di sekitar arena.Hal itu menyebabkan jumlah pengunjung yang datang terbatas. Tentunya, banyak sponsor yang merasa kecewa. Para sponsor resmi tersebut bahkan sempat meminta pihak penyelenggara agar memperbolehkan lebih banyak pengunjung untuk masuk ke beberapa area tertentu. Misalnya saja, area hijau atau dikenal dengan sebutan Olympic Green. Area ini seluas 4,4 hektare, yang merupakan pusat pemasaran sekaligus ajang promosi bagi para sponsor untuk produk mereka.Sekadar catatan, setidaknya terdapat sekitar 12 sponsor resmi yang ikut berpartisipasi dalam ajang ini. Beberapa di antaranya adalah General Electric Co., McDonalds Corp, dan Johnson & Johnson. Untuk bisa ikut andil dalam ajang kompetisi olahraga dunia itu, mereka rela merogoh kantong sekitar US$ 72 juta, yang pembayarannya dapat dicicil sejak empat tahun lalu. Masalahnya, mahalnya pengeluaran itu ternyata tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang ada.