KONTAN.CO.ID - BEIJING. Jumlah perjalanan domestik dan belanja saat perjalanan di liburan Hari Nasional selama seminggu di China melampaui angka tahun lalu, tetapi belanja per kapita tertinggal dari tingkat sebelum pandemi, menurut kementerian budaya dan pariwisata. Data yang dirilis pada Selasa (8/10) tersebut merupakan indikator penting atas permintaan konsumen dan kesehatan ekonomi China. Data tersebut menunjukkan bahwa 765 juta perjalanan domestik dilakukan di seluruh negeri selama liburan Golden Week minggu lalu, meningkat 5,9% dari tahun ke tahun. Belanja wisatawan domestik mencapai 700,82 miliar yuan setara dengan US$ 99,30 miliar, meningkat 6,3% dari tahun ke tahun.
Baca Juga: China Menerapkan Anti Dumping Brendi Uni Eropa Karena Tarif Kendaraan Listrik Namun, pengeluaran per kapita 2,09% lebih rendah dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid, menurut perhitungan Reuters. Meskipun terjadi peningkatan jumlah perjalanan, pengeluaran rata-rata naik tipis 0,38% dari tahun ke tahun, hampir datar, sesuai dengan perkiraan analis. Pengeluaran konsumen China lesu dalam dua tahun terakhir di tengah kemerosotan pasar properti dan meningkatnya kekhawatiran tentang pekerjaan dan keamanan pendapatan.