Kabar Baik Bagi Penderita GERD, 8 Minuman Ini Bisa Bantu Kurangi Gejala Asam Lambung



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para penderita refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) tidak bisa asal dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. 

Anda harus memilah makanan dan minuman dengan tepat untuk mengendalikan penyakit yang diderita. Jangan sampai Anda salah pilih makanan dan minuman karena dapat menyebabkan asam lambung bocor kembali ke kerongkongan. 

Gejala GERD memang sangat dipengaruhi oleh apa yang Anda makan. Gejalanya bisa berupa batuk, mual, dan suara serak. Bersendawa, sakit tenggorokan, dan regurgitasi juga sering dikaitkan dengan GERD. 


Apa yang Anda putuskan untuk dimasukkan atau dihindari dalam diet Anda dapat membantu meringankan beberapa gejala Anda. Minuman seperti kopi, kola, dan jus asam sering kali berada di urutan teratas daftar "larangan". 

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Asam Lambung Tanpa Konsumsi Obat

Pasalnya, minuman ini dapat meningkatkan risiko gejala GERD. Sebagai gantinya, inilah beberapa minuman yang baik Anda konsumsi untuk dapat membantu mengurangi gejala asam lambung naik: 

1. Susu rendah lemak 

Susu sapi sulit dicerna oleh sebagian orang dan mengandung banyak lemak. Seperti semua makanan berlemak tinggi, susu sapi berlemak penuh dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala refluks. Jika Anda harus memilih produk susu sapi, pilih yang paling rendah lemak. 

Baca Juga: 8 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Anda Praktikkan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie