Kabar positif ekonomi global mendorong bursa AS



NEW YORK. Sebagian besar saham Amerika Serikat (AS) menguat karena adanya optimisme atas pertumbuhan ekonomi global yang mampu mengimbangi pendapatan yang mengecewakan .

Indeks Standard & Poor 500 naik 0,2% menjadi 1.842,10 pada pukul 15:11 waktu New York. Sementara itu, The Stoxx Europe 600 Index mampu menyentuh harga tertinggi enam tahun.

Sedangkan saham China melonjak 1,8% karena harga pasar uang mengalami penurunan terbesar dalam empat minggu . Sebelumnya, Dana Moneter Internasional (IMF) telah menaikkan outlook pertumbuhan global tahun karena adanya ekspansi di AS dan Inggris.


Bank Rakyat China telah menambah likuiditas guna memperluas akses ke fasilitas pinjaman. "Pertumbuhan China sangat baik dan jelas China mengambil langkah-langkah struktural untuk menyeimbangkan kembali ekonomi mereka, " kata Dirk Thiels kepala manajemen KBC Asset Management NV di Brussels .

Ekonomi global diproyeksikan tumbuh 3,7% tahun ini, atau naik dari perkiraan bulan Oktober 2013 lalu di angka 3,6%. Produk domestik bruto AS akan naik 2,8% jika dibandingkan dengan proyeksi semula 2,6%. Sedangkan pertumbuhan Jepang diproyeksikan naik 1,7% dari sebelumnya 1,2% proyeksi semula. Begitu juga dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi Inggris yang diproyeksikan naik 2,4% dari 1,9%% proyeksi semula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri