Kacang-kacangan untuk Diet yang Terbaik, Ada 6 Rekomendasi untuk Anda



MOMSMONEY.ID - Ketahui berbagai jenis kacang-kacangan untuk diet yang terbaik di sini. Masukkan ke menu diet Anda, yuk.

Banyak orang mungkin berpikir bahwa kacang-kacangan mengandung kalori tinggi yang dapat menghambat penurunan berat badan. Namun jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kacang dapat membantu dalam penurunan berat badan, lho.

Kacang dapat mengurangi rasa lapar dan memberikan rasa kenyang lebih lama karena meningkatkan produksi hormon peptida YY (PYY) dan/atau cholecystokinin (CCK).


Struktur dan kandungan serat yang tinggi dalam kacang menyebabkan hanya sebagian kecil lemak yang diserap oleh usus, sehingga menjadikan kacang pilihan yang aman untuk konsumsi selama diet.

Baca Juga: Apakah Jagung Bagus untuk Diet Tubuh? Ketahui Faktanya di Sini

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kacang dapat meningkatkan pembakaran kalori, walaupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi efektivitasnya secara keseluruhan.

Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut adalah kacang-kacangan untuk diet yang terbaik yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Kacang Almond

Kacang almond sangat bergizi dan dapat mendukung penurunan berat badan. Kacang ini kaya akan lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin E, karbohidrat, kalsium, zat besi, fitosterol, dan flavonoid.

2. Kacang Merah

Kacang merah tinggi protein dan rendah lemak, sehingga dapat mendukung penurunan risiko penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes. Kacang merah mengandung karbohidrat, protein, mineral, lemak, vitamin, asam amino, polifenol, dan flavonoid yang mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: Coba Konsumsi Makanan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Ini yuk

3. Kacang Tanah

Kacang tanah menjadi pilihan yang baik untuk diet Mediterania karena kaya akan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, asam folat, riboflavin, isoflavonoid, fenol, niasin, serta vitamin B6 dan E.

Kacang tanah juga memiliki antioksidan yang melindungi dari radikal bebas dan mendukung kesehatan sistem pencernaan.

4. Kacang Kedelai

Tahu dan tempe, produk dari kacang kedelai, adalah pilihan gizi yang padat dan rendah kalori yang sangat cocok untuk diet. Susu kedelai juga bisa menjadi alternatif camilan sehat.

Menurut Journal of Nutritional Science and Healthy Diet tahun 2020, kacang kedelai mengandung antioksidan dan memiliki potensi antidiabetes, antikanker, dan antiobesitas.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Karena Apa? Ternyata Ini Beberapa Penyebabnya

5. Kacang Hijau

Kandungan kalorinya yang rendah menjadikan kacang hijau pilihan tepat untuk diet. Selain itu, kacang hijau tinggi serat yang membantu stabilkan gula darah, menurut buku "Nutritional Composition and Antioxidant Properties of Fruits and Vegetables".

6. Kacang Polong

Kacang polong kaya akan vitamin, mineral, protein, serat, karbohidrat kompleks, tanin, saponin, dan flavonoid yang membantu dalam penurunan indeks glikemik serta menjaga kesehatan pencernaan dan jantung.

Baca Juga: 10 Pilihan Buah yang Bagus untuk Kolesterol, Bantu Turunkan LDL

Itulah beberapa kacang-kacangan untuk diet yang terbaik yang dapat Anda coba konsumsi. Melansir dari Halodoc, berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi kacang dengan cara yang sehat selama diet:

  • Hindari mengonsumsi kacang yang digoreng atau yang telah ditambahkan cokelat atau gula, seperti dalam bentuk dessert.
  • Cara yang lebih sehat dalam mengonsumsi kacang adalah dengan merebusnya, mengukusnya seperti kacang edamame, atau menambahkannya ke dalam sup dan salad.
  • Selain dalam bentuk utuh, kacang juga bisa dinikmati dalam bentuk selai sebagai alternatif camilan yang lebih sehat.
Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas