Kacau, rudal Kalibr-NK Rusia meluncur tak terkendali saat ujicoba



KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Sebuah kapal angkatan laut Rusia mengalami kerusakan yang berbahaya selama uji peluncuran. Pada saat itu, booster terlepas dari rudal jelajah dan meluncur tak terkendali di udara selama beberapa detik.

Melansir Express.co.uk, rekaman menunjukkan Destroyer Kelas Udaloy meluncurkan rudal Kalibr-NK dari deknya di lokasi yang dirahasiakan yang dengan cepat berubah menjadi kekacauan ketika rudal tidak berfungsi di udara. 

Sebuah roket pendorong diperkirakan telah meluncur dengan sendirinya di mana misil tersebut tampak menggantung di udara selama beberapa detik dan pada satu titik terlihat seperti akan menghantam sebuah kapal. Rudal itu kemudian berputar ke laut sebelum meledak di bawah air dalam latihan militer yang memalukan dan berpotensi fatal bagi Rusia.

Video yang berdurasi satu setengah menit menunjukkan, roket itu meluncur ke laut dan meledak di bawah air menghasilkan gelombang kejut yang besar.

Baca Juga: Rusia melihat potensi ancaman keamanan baru dari AS di Kutub Utara

Media Rusia melaporkan bahwa tidak ada yang terluka selama peluncuran yang gagal dan kapal tersebut kini telah kembali untuk diperbaiki.

Sebelum peluncuran, fregat menjalani peningkatan di Vladivostok di timur jauh Rusia untuk dilengkapi dengan kemampuan tempur darat, laut, dan bawah air.

Kapal tersebut menerima beberapa sistem rudal dan artileri canggih sebagai bagian dari peningkatan.

Baca Juga: Biden: Saya menanggapi dengan cara langsung terhadap campur tangan Rusia

Meskipun belum ada laporan yang dikonfirmasi tentang lokasi kapal, diyakini kapal itu mungkin berada di Laut Hitam tempat angkatan laut Rusia telah diinstruksikan untuk melakukan latihan tembak langsung.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie