Kadin Minta Prabowo - Gibran Pilih Kabinet Ekonomi yang Ahli dan Latar Belakang Kuat



KONTAN.CO.ID - CILEGON. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka memilih kandidat untuk mengisi kabinet ekonomi yang ahli sekaligus kuat di sektor strategis.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Kadin, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, pihaknya menantikan pembentukan kabinet yang memiliki visi dan eksekusi yang kuat di bidang ekonomi.

"Kami meyakini bahwa pemilihan susunan kabinet berdasarkan hak prerogatif presiden terpilih nantinya terdiri dari para ahli yang memiliki pemahaman mendalam tentang ekonomi sekaligus memiliki latar belakang yang kuat di sektor-sektor strategis," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (11/9).


Yukki mengungkapkan, penunjukkan tokoh yang tepat itu menjadi penting sebab dapat berdaya guna secara maksimal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Juga: Jangan Politikus, Ekonom Sarankan Prabowo Pilih Menteri Ekonomi dari Profesional

Selain itu, kata Yukki, susunan kabinet diharapkan mampu mengatasi berbagai tantangan lobal, seperti ketidakpastian geopolitik dan dinamika ekonomi dunia.

"Sebagai organisasi yang mewakili dunia usaha dan mitra strategis pemerintah, Kadin Indonesia juga memandang pentingnya memiliki kabinet ekonomi yang mendukung iklim usaha kondusif, inovatif dan berkelanjutan sehingga pemerintah mendatang dapat memberikan kepercayaan pasar dan investor," ungkapnya.

Di samping itu, Yukki menuturkan, pihaknya mendukung penuh visi pertumbuhan ekonomi sebesar 8% yang digagas oleh Prabowo. Menurutnya, Kadin siap berkolaborasi demi mewujudkan cita-cita yang baik tersebut.

Baca Juga: Prabowo Dikabarkan Tambah Jumlah K/L, Kemenkeu: Anggarannya Sudah Ada di RAPBN 2025

"Kami percaya bahwa dengan dukungan dan sinergi yang erat antara pemerintah dan sektor swasta, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan menuju Indonesia Emas 2045," pungkasnya.

Untuk diketahui, belakangan tersiar kabar bahwa Prabowo sudah mulai menyiapkan formasi kabinet ke depan. Ada beberapa nama yang kabarnya akan masuk ke barisan menteri bidang ekonomi di antaranya Budi Gunadi Sadikin, Bahlil Lahadalia hingga Zulkifli Hasan. 

Selanjutnya: Daftar HP iOS 18 yang Kebagian Fitur Terbaru dan Bisa Update dengan Mudah

Menarik Dibaca: Daftar HP iOS 18 yang Kebagian Fitur Terbaru dan Bisa Update dengan Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih