KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) melayani total 4.407.277 pelanggan KA atau rata-rata 244.849 pelanggan per hari selama masa Natal dan Tahun Baru 2023. Jumlah tersebut meningkat 123% dibanding periode Nataru 2021/2022 dimana KAI melayani 1.980.269 pelanggan. Pada Nataru 2022/2023, KAI melayani 2.320.614 pelanggan KA Jarak Jauh dan 2.086.663 pelanggan KA Lokal. Jumlah pelanggan tersebut melebihi 10% dari target yakni 4.007.878 pelanggan. Adapun jika dibandingkan dengan tempat duduk yang disediakan sebanyak 5.382.932 tempat duduk, okupansi Nataru 2022/2023 cukup baik dengan mencapai 82%.
Kenaikan ini dipengaruhi oleh peningkatan jumlah perjalanan kereta api selama periode Nataru. Total perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal yang dioperasikan adalah sebanyak 8.871 perjalanan KA atau rata-rata 492 perjalanan KA per hari, naik 31% dibanding jumlah perjalanan KA pada periode Nataru 2021/2022 sebanyak 6.757 perjalanan KA atau rata-rata 375 perjalanan KA per hari.
Baca Juga: Kemenhub Minta Bandara Banyuwangi Pelihara Konsep Green Airport Di samping itu, melonjaknya volume pelanggan di masa Angkutan Nataru 2022/2023 dibanding periode Nataru 2021/2022 juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang semakin membaik. Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan pencapaian positif di masa Angkutan Nataru ini juga terdapat di sisi ketepatan waktu atau
On Time Performance keberangkatan ataupun kedatangan kereta api yaitu mencapai 96%. “Pencapaian tahun ini akan kami jadikan pemicu untuk terus bekerja keras secara
extraordinary dengan mengupayakan target penumpang KAI kembali pada kondisi normal,
recovery yang lebih baik,” kata Didiek dalam keterangan resminya, Senin (9/1). Puncak volume pelanggan pada periode Nataru 2022/2023 terjadi pada Minggu, 1 Januari 2023 sebanyak 285.508 pelanggan. Relasi favorit pada Nataru ini yaitu Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Purwokerto pp, Bandung - Surabaya pp, Yogyakarta - Surabaya pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, dan lainnya. Adapun stasiun terpadat yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Yogyakarta, Bandung, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan lainnya. Di sisi kanal penjualan tiket, KAI mencatat transaksi penjualan tiket KA Jarak Jauh dan Lokal yang berangkat pada masa angkutan Nataru 2022/2023 didominasi melalui KAI Access sebesar 58% dan melalui
channel eksternal sebesar 29%.
Baca Juga: Produksi dan Distribusi Pangan Terhambat Cuaca Ekstrem, Ini Antisipasi Pemerintah Meski ada peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan Nataru 2021/2022, volume pelanggan yang KAI layani di masa Nataru 2022/2023 ini masih lebih rendah 26% dibanding masa libur Nataru sebelum Pandemi yaitu tahun 2019/2020 sebanyak 5.919.918 pelanggan. “Secara bertahap diharapkan mobilitas masyarakat dapat kembali pulih di tengah kondisi yang semakin membaik,” tuturnya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tendi Mahadi