KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat H-2 Libur Natal 2022 terdapat 154.920 orang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh. Jumlah okupansi pelanggan tersebut mencapai 114%. KAI pada tanggal 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh. Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh. Volume pelanggan KA Jarak Jauh juga tercatat meningkat 21% dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember 2022. KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh.
Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023. Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 & 2 Januari 2023. Baca Juga: H-1 Natal, Jasamarga Transjawa Tol Catat 289.000 Kendaraan Meninggalkan Jakarta Mayoritas pelanggan KA Jarak Jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya. Rinciannya, terdapat 17.000 pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, 11.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6.000 pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi. Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Bandung, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, Bandung - Jakarta, Bandung - Surabaya, Surabaya - Yogyakarta, dan lainnya. Baca Juga: Mau Mencoba Kereta Panoramic? Ini Harga Tiketnya VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI. Dia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan layanan KAI.