KAI Siapkan 6,9 Juta Tempat Duduk Selama Periode Lebaran 2023



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) beserta anak perusahaannya menyediakan kapasitas tempat duduk kereta api sebanyak 6.936.532 tempat duduk pada Angkutan Lebaran Tahun 2023. Jumlah tersebut terdiri dari kelas eksekutif 987.380 tempat duduk (14%), kelas bisnis 137.600 tempat duduk (2%), dan kelas ekonomi 5.811.522 (84%).

Adapun rinciannya, dari 6.936.532 tempat duduk tersebut, sebanyak 4.076.488 tempat duduk berasal dari induk perusahaan (KAI) dan 2.860.044 tempat duduk dari anak perusahaan (KAI Commuter dan KAI Bandara). Dari 4.076.488 tempat duduk terdiri dari 3.065.404 KA Jarak Jauh (2.520.056 reguler dan 545.348 tambahan) dan 1.011.084 KA Lokal.

Sedangkan, 2.860.044 tempat duduk anak perusahaan rinciannya adalah 2.701.644 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Commuter dan 158.400 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Bandara.


“Total tempat duduk yang kami sediakan pada Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 6,9 juta ini mengalami kenaikan 36% dibandingkan realisasi Angkutan Lebaran 2022 sebanyak 5.097.114 tempat duduk,” ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dalam keterangan resminya, Kamis (6/4).

Baca Juga: Mudik Gratis Jasa Raharja 2023 Pakai Kereta Api, Cek Rute dan Jadwal Keberangkatannya

Pada Angkutan Lebaran 2023 ini, total terdapat 7.458 perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal atau rata-rata 339 perjalanan KA per hari, naik 19% dibanding masa Lebaran 2022. Pada periode Lebaran tahun lalu, terdapat 6.175 perjalanan KA atau rata-rata 281 perjalanan KA per hari.

Guna memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan menyenangkan, KAI juga menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yaitu proses boarding mempergunakan gate yang teritegrasi dengan pemindaian wajah pelanggan, untuk peningkatan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan. Sistem akan memvalidasi penumpang meliputi data diri, data tiket dan status vaksin. Saat ini sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan.

Baca Juga: Jumlah Penumpang Kereta Api Februari 2023 Capai 26,3 Juta, Jabodetabek Mendominasi

“KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 143 orang yang tersebar di 32 stasiun dan 588 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta,” ungkap Hadis. 

Fasilitas baru lainnya yang KAI hadirkan yaitu Water Station yang pada tahap awal hadir di tiga stasiun besar yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng. KAI menghadirkan water station sebagai kampanye ramah lingkungan, mengajak pelanggan membawa tumbler pribadi agar mengurangi sampah plastik. KAI turut menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang, dan Surabaya Gubeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati