Kalah Saing dengan Amazon, Comcast dan Disney, Warner Bros Kehilangan Hak Siar NBA



KONTAN.CO.ID -  Warner Bros akhirnya kehilangan hak siar NBA setelah 35 tahun menayangkan liga bola basket terbesar di AS. Raksasa media itu harus merelakan kontrak senilai US$ 77 miliar kepada Disney, Comcast, dan Amazon sebagai pemegang hak siar baru.

Pukulan telak ini langsung membuat saham perusahaan turun lebih dari 2% dalam perdagangan kemarin Rabu (24/7). Kabarnya, perusahaan tersebut mengeluarkan $1,2 miliar per tahun untuk hak siar tersebut, yang akan habis masa berlakunya pada akhir musim depan.

Hilangnya hak tersebut juga akan berdampak pada konten TNT yang terkait dengan NBA, seperti "Inside the NBA", acara terkenal yang dibawakan oleh pensiunan pemain Shaquille O'Neal, Charles Barkley, dan Kenny Smith.


Pada hari Senin, Warner Bros. mengungkapkan bahwa mereka telah mendapatkan tawaran hak media Amazon untuk terus menayangkan pertandingan NBA. Namun liga mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa mereka telah menolak tawaran tersebut.

Baca Juga: NBA Teken Kesepakatan Penyiaran Senilai US$ 76 Miliar

“Proposal terbaru Warner Bros. Discovery tidak sesuai dengan ketentuan penawaran Amazon Prime Video dan, oleh karena itu, kami telah menandatangani perjanjian jangka panjang dengan Amazon,” kata NBA dalam pernyataannya yang dikutip dari Yahoo News.

Secara total, NBA mendapatkan paket hak media senilai sekitar $77 miliar selama 11 tahun dengan mitra baru yang mencakup raksasa teknologi Amazon (AMZN) dan NBCUniversal (CMCSA) dari Comcast. Mereka juga berhasil mencapai kesepakatan baru dengan mitra media lainnya saat ini, Disney (DIS).

“Mitra-mitra ini akan mendistribusikan konten kami ke berbagai platform dan membantu mengubah pengalaman penggemar selama dekade berikutnya,” kata Komisaris NBA Adam Silver dalam sebuah pernyataan.

Menurut Wall Street Journal, Amazon (AMZN) mendapatkan paket hak streaming melalui layanan Prime Video-nya senilai $1,9 miliar. NBA mengatakan paket tersebut mencakup pertandingan musim reguler dan playoff, ditambah turnamen play-in dan final konferensi, yang akan dirotasi di antara mitra media.

Baca Juga: Emirates Dinobatkan Jadi Mitra Maskapai Penerbangan Global NBA & Mitra Utama NBA Cup

NBCUniversal (CMCSA) dari Comcast melaporkan tawaran senilai $2,5 miliar. Jaringan ini akan menayangkan sekitar 100 pertandingan per musim, dengan setengahnya ditayangkan secara eksklusif di layanan streaming Peacock.

Sementara, Disney (DIS) dilaporkan setuju untuk meningkatkan pembayaran dari US$ 1,5 miliar per tahun US$ 2,6 miliar per tahun demi memperbarui kesepakatan.

Kini hak siar menjadi semakin penting bagi raksasa media lama. Konten tersebut dianggap "melekat", yang berarti pemirsa setia lebih bersedia membayar paket kabel bulanan atau biaya layanan streaming untuk mengakses olahraga dibandingkan jenis konten lainnya.

Namun persaingan di bidang ini menjadi lebih kompetitif, dengan raksasa teknologi seperti Amazon, Apple (AAPL), dan YouTube (GOOG, GOOGL) berkomitmen besar pada kesepakatan streaming olahraga selama setahun terakhir.

Editor: Putri Werdiningsih