Kalbe Farma (KLBF) Perkuat Platform Transportasi Digital Miliknya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kalbe Farma Tbk melalui anak perusahaan terus memperkuat platform transportasi digital miliknya, MOSTRANS.

Adapun baru-baru ini terjadi pengalihan kepemilikan MOSTRANS dari PT Enseval Putera Megatrading Tbk (EPMT) dan PT Mostrans Global Digilog. Keduanya masih entitas anak dari KLBF. 

Asal tahu saja, PT Mostrans Global Digilog didirikan pada 2 September 2021. Entitas anak ini dibuat agar MOSTRANS dapat digunakan bersama-sama oleh ekosistem distribusi produk farmasi dan kesehatan, utamanya oleh prinsipal dan distributor. 

"Mostrans Global Digilog adalah entitas anak yang didirikan untuk terus mengembangkan platform digital transportasi produk farmasi dan produk kesehatan antar bisnis (B2B)," seperti yang dikutip dalam keterbukaan informasi, Rabu (19/1). 

Baca Juga: Kata Kalbe Farma Soal Platform digital MOSTRANS akan dikelola Mostrans Global Digilog

Adapun MOSTRANS diluncurkan pertama kali oleh EPMT pada tahun 2019. Saat ini, MOSTRANS sudah digunakan oleh sejumlah perusahaan ekspedisi serta pemilik barang dalam memproses pengiriman barang/produk. 

Selama ini, EPMT terus mengembangkan penetrasi MOSTRANS guna meningkatkan jumlah penggunanya dengan bekerjasama dengan sejumlah partner perusahaan ekspedisi serta pemilik barang agar menjadi platform digital transportasi terbesar di Indonesia, terutama untuk produk farmasi dan produk kesehatan.

Perseroan juga terus mengembangkan fitur-fitur baru dalam MOSTRANS, sesuai dengan kebutuhan di masing-masing pengguna. 

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan layanan distribusi produk farmasi dan kesehatan bisa lebih cepat dan efisien dengan kualitas yang baik," seperti yang tertulis dalam keterbukaan informasi. 

Asal tahu saja, mengutip catatan Kontan sebelumnya, untuk mendekatkan diri dengan basis pelanggan yang lebih luas, KLBF tidak hanya menyediakan patform B2B seperti EMOS dan Monstrans. Tetapi juga B2C seperti Klikdokter. 

Baca Juga: Punya Potensi di Bisnis Vaksin, Cermati Rekomendasi Saham KLBF Berikut Ini

Melihat hal ini, Analis Henan Putihrai Sekuritas Jono Syafei berpendapat, platform digital memang menjadi hal penting seiring dengan perkembangan teknologi. Apalagi saat ini, mobilitas masyarakat masih  terbatas.  

"Dengan teknologi yang baik, kami percaya ke depannya platform Mostrans dapat mendorong kinerja segmen distribusi KLBF yang saat ini memberikan kontribusi terbesar untuk perseroan," ungkap Jono kepada Kontan.co.id, Kamis (20/1).

Editor: Noverius Laoli