Kalori Mie Instan Goreng, Amankah untuk Diet?



MOMSMONEY.ID - Berapakah jumlah kalori mie instan goreng? Dan, apakah aman dikonsumsi bagi orang yang sedang diet?

Mie instan goreng adalah salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang gurih serta harganya yang terjangkau membuat makanan ini digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Namun, berapa kalori mie instan goreng sebenarnya? Sedang diet apakah boleh mengonsumsinya? MomsMoney akan membahasnya pada kesempatan kali ini. Simak, ya!


Baca Juga: Tak Pandang Usia, Ini Ciri-Ciri Diabetes di Usia Muda yang Patut Diwaspadai

Kalori mie instan goreng

Menyadur dari Hello Sehat, kalori mie goreng bisa bervariasi tergantung pada jumlah mi, merek yang dipilih, dan bahan tambahan seperti topping atau sayuran.

Berikut ini adalah gambaran tentang kalori mie instan goreng serta perbandingannya dengan kebutuhan kalori harian berdasarkan diet 2000 kalori:

  • Kalori Indomie goreng: 380 kkal, sekitar 19% dari total kalori harian.
  • Kalori Indomie goreng jumbo: 570 kkal, setara dengan 28,5% dari total kalori harian.
  • Mi goreng isi 2 bungkus: 580 kkal, atau 29% dari kalori harian.
  • Mi goreng dengan sayur-sayuran: 286 kkal, sekitar 14,3% dari total kalori harian.
  • Jika ditambahkan telur, kalorinya meningkat sekitar 71,5 kkal.
Sebuah makanan dianggap tinggi kalori jika mengandung 400 kkal atau lebih per sajian. Berdasarkan informasi tersebut, mie goreng jumbo termasuk dalam kategori makanan tinggi kalori.

Baca Juga: Obati Asam Lambung dengan Lidah Buaya, Begini Cara Mengolahnya

Apakah mie instan goreng aman untuk diet?

Melihat dari jumlah kalori mie instan goreng, makanan ini kurang cocok untuk Anda yang sedang diet menurunkan berat badan.

Namun, jika Anda tetap ingin menikmati mie goreng, pastikan untuk aktif bergerak, seperti membersihkan rumah, berjalan, atau naik turun tangga, agar bisa membakar kalori tambahan tersebut.

Jangan lupa juga untuk menghitung kebutuhan kalori harian agar bisa merencanakan makanan yang Anda konsumsi dengan baik sepanjang hari.

Selain itu, Anda bisa mencoba jenis mie yang lebih sehat, seperti mie shirataki. Mie ini dianggap sehat karena terbuat dari glucomannan, yang tinggi serat.

Karena kaya serat, mie shirataki dicerna lebih lambat oleh tubuh, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dikutip dari Halodoc, dalam 100 gram mie shirataki hanya terdapat sekitar 20 kalori, 5 gram karbohidrat, dan tidak mengandung lemak sama sekali.

Dengan kalori dan karbohidrat yang sangat rendah, mie ini sangat cocok bagi Anda yang menjalani diet rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Demikianlah informasi terkait kalori mie instan goreng. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Ini Fakta Soal Kandungan Gula di Susu Milku, Simak Yuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas