Kapal Perang China Menggelar Latihan Tembak di Perairan Utara Taiwan



China vs Taiwan - TAIPEI. Aktivitas militer China di sekitar Taiwan kembali terlihat pada hari Selasa (13/6). Kali ini kapal perang China melakukan latihan tembak di utara Taiwan.

Melansir Reuters, Administrasi Keselamatan Maritim China telah mengeluarkan peringatan zona larangan berlayar dari pagi hingga sore di hari Selasa.

Zona larangan itu mencakup area di lepas kota Taizhou di provinsi Zhejiang. Dalam peringatannya, disebutkan bahwa militer China hendak melakukan latihan tembakan langsung dari kapal perang.


Laporan itu juga mengabarkan bahwa akan ada latihan lain di sekitar lokasi yang sama dan baru akan berakhir pada Selasa malam.

Baca Juga: Latihan Militer Skala Besar NATO Dimulai, Libatkan 10.000 Personel dan 250 Pesawat

Latihan tersebut dilakukan di dekat pulau Dachen, sebuah wilayah yang dikuasai Taiwan sampai tahun 1955. Pulau itu kemudian dikosongkan setelah pulau-pulau terdekat lainnya direbut oleh pasukan China melalui pertempuran.

Beberapa pulau lain di kawasan tersebut juga masih menjadi zona yang cukup panas.

Taiwan masih menguasai pulau Matsu dan Kinmen yang terletak di lepas pantai provinsi Fujian China. Pulau-pulau itu dikuasai sejak pemerintah Republik China, atau Taiwan, melarikan diri ke Taipei setelah kalah dalam perang saudara dengan Mao Zedong.

Baca Juga: 37 Jet Tempur China Mendekat, Sistem Pertahanan Udara Taiwan Masuk Mode Aktif

Menariknya, latihan militer China ini dilakukan bertepatan dengan latihan angkatan laut quadrilateral di Laut Filipina yang melibatkan AS, Jepang, Kanada, dan Prancis.

Latihan yang dimulai Jumat pekan lalu itu melibatkan beberapa kapal besar, termasuk kapal induk AS USS Nimitz dan USS Ronald Reagan. Dua kapal induk AS ini sama-sama beroperasi untuk pertama kalinya sejak Juni 2020.

Administrasi Keselamatan Maritim China juga melaporkan bahwa militer masih akan melakukan latihan lain pada hari Rabu. Tepatnya di di bagian utara lain Laut China Timur.