Kapal Wisata di Labuan Bajo Wajib Siapkan Alat Pemadam Kebakaran



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), mewajibkan semua kapal wisata menyiapkan alat pemadam kebakaran. 

Hal itu ditegaskan mengingat peristiwa kebakaran kapal masih sering terjadi di perairan Labuan Bajo. 

"Untuk mencegah terjadinya kebakaran, awal kapal memastikan alat-alat pemadam kebakaran tersedia di atas kapal, ruang penumpang, ruang dapur, kamar mesin selama kapal melakukan pelayaran," ungkap Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo Stephanus Risdiyanto dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (17/10/2024) siang. 


Awak kapal lanjut dia, wajib memeriksa dan memelihara semua komponen dan peralatan, sistem perpipaan, kelistrikan dan permesinan kapal. 

Apabila ditemukan risiko kecelakaan dan kebakaran, awak kapal wajib mengganti atau memperbarui komponen tersebut. 

Baca Juga: PHRI Soroti Dampak Penambahan Kementerian Terhadap Perizinan Bisnis Pariwisata

Selain itu, penataan instalasi listrik dan sistem perpipaan bahan bakar wajib memperhatikan risiko terjadinya kebakaran terutama pada mesin genset.

"Apabila Syahbandar menemukan komponen dan peralatan, sistem perpipaan, kelistrikan dan permesinan kapal yang berpotensi menimbulkan risiko kecelakaan kapal, maka Syahbandar berwenang untuk menunda keberangkatan kapal dengan tidak menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB)" tegasnya. 

Pihaknya mengimbau kepada semua kapal agar berhati-hati dan tetap waspada dalam melakukan pelayaran dan bernavigasi dengan memperhatikan arus laut, pasang surut, kedalaman laut, perubahan cuaca yang tiba-tiba, serta menyesuaikan dengan kondisi kapal. 

Melakukan olah gerak dengan kecepatan yang aman pada saat memasuki area yang terindikasi terdapat arus kencang, pusaran air dan gelombang yang dapat datang secara tiba-tiba. 

"Memastikan tanda, isyarat, petunjuk marabahaya terpasang di alas kapal dan melakukan peragaan serta demonstrasi keamanan dan keselamatan pelayaran secara visual maupun audio visual sebelum kapal melakukan pelayaran," imbuh dia.

Baca Juga: Industri Halal di Thailand Berkembang Pesat, Menarik Wisatawan Muslim

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Wisata di Labuan Bajo Wajib Siapkan Alat Pemadam Kebakaran", Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2024/10/17/195002478/kapal-wisata-di-labuan-bajo-wajib-siapkan-alat-pemadam-kebakaran.

Selanjutnya: Iran Peringatkan Israel: Jika Diserang, Akan Dibalas dengan Rasa Lebih Menyakitkan

Menarik Dibaca: Simak Waktu yang Tepat Harus Ganti HP Baru Beserta Tanda-tandanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati