Kapan Bandara IKN Bisa Beroperasi untuk Umum? Ini Jawaban Pemerintah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan P Roeslani mengonfirmasi bahwa Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur akan segera beroperasi untuk penerbangan umum, paling lambat pada Januari 2025. 

Pernyataan tersebut disampaikan Rosan usai pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo dan para pengusaha tambang di Istana Kepresidenan pada Rabu (9/10/2024) sore. 

"(Kami) juga diberitahu bahwa bandara di IKN insya Allah akan siap uji coba pada besok (Kamis 10 Oktober). Dan juga hari Jumat, Bapak Presiden akan melalui Bandara IKN," ujar Rosan kepada wartawan. 


"Sebelumnya memang sudah melalui Bandara IKN tapi sekarang akan coba dengan kapal berbadan besar, harapannya, tadi disampaikan pada bulan Desember atau Januari sudah bisa dibuka untuk umum bandara dari IKN ini," tambah dia.

Dengan kepastian operasional tersebut, perjalanan menuju IKN diharapkan akan lebih efisien. Sebelumnya, perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memerlukan waktu sekitar 2 jam. 

Namun, jika pesawat penerbangan umum sudah dapat mendarat di IKN, waktu tempuh menuju pusat IKN akan lebih singkat. 

"Sekarang, jika bisa mendarat di IKN Airport, perjalanan ke IKN sendiri hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit," ucap Rosan. 

Baca Juga: Temui Presiden, Konsorsium Perusahaan Tambang Berencana Investasi ke IKN

Dilansir dari siaran pers Kementerian Perhubungan, Bandara IKN akan kembali diuji coba pada 10 Oktober 2024. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa runway Bandara Nusantara saat ini telah mencapai panjang 2.200 meter dan lebar 45 meter. 

Kementerian PUPR juga telah melakukan penebalan pada area runway dengan target penyelesaian pada 10 Oktober 2024. 

"Insya Allah, pengerjaan bagian runway ini akan selesai pada tanggal 10 (Oktober) pagi, dan sorenya akan dilakukan uji coba pendaratan," ujar Budi Karya. 

Sebelumnya, Pesawat Kepresidenan tipe RJ85 berhasil mendarat di Bandara IKN saat mengantarkan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke beberapa wilayah Kalimantan. 

Baca Juga: Investasi IKN Masih Jauh dari Target Rp 100 Triliun, Jokowi: Memang Harus Diseleksi

Setelah penebalan dan perluasan runway, bandara ini diharapkan siap untuk didarati oleh Pesawat Kepresidenan Boeing Business Jet 737-800 yang berukuran lebih besar dari RJ85.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Pastikan Bandara IKN Beroperasi untuk Umum Paling Lambat Januari 2025"

Selanjutnya: Promo 10.10 di Klik Indomaret, Ada Es Krim Beli 1 Gratis 1 dan Promo Serba Rp 1.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie